PIKIRAN Rakyat Bandung (PRB) selalu konsisten untuk ikut andil dalam menyukseskan pelaksanaan arus mudik Lebaran. Seperti tahun-tahun sebelumnya, PT. Pikiran Rakyat Bandung membagikan peta mudik kepada masyarakat.

Pembagian Peta Mudik Lebaran 2014 secara resmi dilakukan Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan bersama Direktur Utama (Dirut) PT. Pikiran Rakyat Bandung, H. Joko Hendrarto di pintu keluar Tol Cileunyi, Rabu (23/7/2014).

Sebanyak 30 ribu eksemplar koran Pikiran Rakyat dan Peta Mudik Lebaran 2014, disebar ke sejumlah pengendara. Penyebaran informasi terkait jalur mudik itu digelar di beberapa lokasi, termasuk di pintu masuk dan keluar tol serta di persimpangan jalan. Penyebaran peta mudik bertujuan untuk memfasilitasi pemudik melalui informasi yang bermanfaat.

“Kegiatan tersebut digelar setiap tahun oleh PT. Pikiran Rakyat Bandung. Kita, bekerjasama dengan beberapa perusahaan lainnya seperti bank jabar banten (bjb), Polda Jabar, pemerintah daerah, PT Indo Food dan lain-lainya,” jelas Joko.

Penyebaran koran dan peta mudik itu sudah terselenggara sebanyak 13 kali, khusus di Jabar. Ia berharap, pemudik memahami berbagai keperluan mudik agar selama dalam perjalanan pulang/pergi ke kampung halamannya tetap lancar.
“Dalam selebaran itu terdapat berbagai informasi, seperti rumah sakit, bengkel, rest area dan jalur alternatif, yang bermanfaat bagi pemudik,” terangnya.

Diapresisasi gubernur

Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan mengapresiasi kegiatan yang dilakukan PT. Pikiran Rakyat Bandung. “Hampir setiap tahun, saya melaksanakan momen seperti itu bersama ‘PR’. Saya mengapresiasi inisiatif dari masyarakat yang dimotori beberapa perusahaan dalam melancarkan arus mudik di Jabar,” kata pria yang akrab disapa Aher, seraya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya bagi semua pihak yang turut bekerja keras dalam menyukseskan mudik Lebaran 2014.

Kapolda Jabar, Irjen M. Iriawan Irwasda Polda Jabar, Komisaris Besar Ilham S mengemukakan, informasi jalur mudik melalui penyebaran koran dan peta mudik, besar besar manfaatnya.
“Melalui Informasi itu, diharapkan pengendara bisa mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, selama perjalanan. Bahkan, langkah positif yang dimotori ‘PR’ itu cukup membantu tugas kepolisian,” tandas Ilham.(E-42)