PALIMANAN, (KC).-
Menjelang arus mudik Lebaran, berbagai peningkatan pelayanan umum kepada masyarakat yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon terus dilaksanakan. Salah satunya dengan memasang Penerangan Jalan Umum (PJU) di jalur pantura wilayah barat Kabupaten Cirebon.

Seperti yang terlihat, Jumat (11/07/2014) di ruas jalur Palimanan-Arjawinangun. Beberapa pekerja tengah merangkai sejumlah perangkat PJU yang akan di pasang di sepanjang jalur utama arus mudik dan balik Lebaran 2014.

Informasi yang dihimpun KC, pemasangan lampu PJR, di jalur utama pantura tersebut, dilakukan pemerintah  Kabupaten Cirebon. Untuk menyambut arus mudik lebaran  sekerang ini, karena jalur tersebut nantinya akan menjadi jalur utama para pemudik dalam menempuh perjalannya ke kampung halaman . Oleh karena itulah, pemerintah dibawah kepemimpinan Drs H Sunjaya Purwadisastra MM MSi terus menerus melakukan perbaikan.

Salah seorang pekerja yang ditemui KC,  Sodikin,  menyebutkan, dirinya dan juga beberapa rekan tengah mengerjakan pemasangan PJU. Adapun PJU ini berasal dari Dinas Perhubungan Kabupaten Cirebon.

“Kami sekarang masang disini dulu. Nantinya, sepanjang jalur ini sampai Susukan akan dipasangi PJU,” ucapnya.

Dikatakan Sodikin, PJU yang terpasang kali ini menggunakan energi alternatif dari panas matahari,  atau tidak mengandalkan aliran listrik. Hanya nanti  dikhawatirkan, jika cuaca sedang tidak bersahabat, maka PJU pun tidak dapat berfungsi dengan optimal.

“Kalau mendung dari pagi hingga malam maka kami khawatir tidak akan bisa menyala. Semoga saja cuaca bagus sehingga PJU ini bisa berfungsi dengan baik,” imbuhnya.

Sebelumnya, Bupati Cirebon, Sunjaya Purwadi pernah menyampaikan, akan segera menerangi jalan-jalan utama yang berada di Kabupaten Cirebon. Karena para pengguna jalan  merasa tidak nyaman, apabila melintasi jalan yang tidak memiliki penerangan cukup.

“Minimalnya sepanjang jalur pantura ini terang. Saya waktu itu pernah lewat dari perbatasan Jawa Tengah dan begitu masuk ke Kabupaten Cirebon gelap,” terang bupati.

Dengan adanya pengerjaan ini, maka keluhan masyarakat terutama yang berada di sekitar jalur pemudik akan segera teratasi. Karena, usai inspeksi beberapa pihak menjelang arus mudik, beberapa ruas jalan diketahui belum memiliki penerangan yang cukup sehingga dapat menimbulkan kerawanan kejahatan jalanan. (C-38)