JATIBARANG, (KC).-

Ratusan pedagang di Pasar Jatibarang telah sepakat pindah ke Pasar Jatibarang yang berlokasi di Blok Sojar Desa Bulak Kec. Jatibarang. Mereka menyetujui rencana Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah melalui melalui Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan setempat, tentang tempat pengganti eks pasar Jatibarang yang baru.

“Kami pada dasarnya setuju. Yang penting semua pedagang juga setuju. Dan kami sudah menyatakan kesepakatannya,” kata seorang pedagang sayur H Maksum, Minggu (12/10/2014).

Pedagang pasar lainnya juga mengatakan, hasil rapat antara Diskoperindag dengan para pedagang bulan lalu sangat dinanti-nanti kejelasannya. Pasalnya, pedagang sudah memasrahkan kepada pemkab untuk segera menentukan lokasi yang memang layak dijadikan tempat pengganti usahanya itu.

Namun setelah pedagang mendengar dari pihak kecamatan setempat bahwa pasar Jatibarang akan dialihkan ke Desa Bulak, pedagang sepakat dan menunggu janji pemkab kapan pelaksanaan pembangunannya.

“Kami tinggal menagih janji pemkab, kapan pelaksanaan pembangunan Pasar Jatibarang yang baru ini, jujur saja tempat sekarang kami berjualan sudah tidak nyaman dan takut roboh dengan kondisi eks kebakaran itu,” kata Samsuri.

Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kab. Indramayu H Maman Kostaman didampingi Kabid Dagang Susyadi, pemkab menjamin para pedagang yang pindah itu bisa menempati kios dan lapak tanpa dipungut biaya sepeser pun setelah pasar tersebut di relokasi. “Sebab itu, kami melakukan pendataan agar nantinya setelah pembangunan sudah dimulai dan selesai pedagang itu bisa kembali menempati kios dan lapak,” kata Maman.(C-27)