CIREBON, (KC).-

Dominasi SMPN 4 Cirebon di Pekan Olahraga Pelajar Kota (Popkota) Cirebon masih belum tergoyahkan. Sekolah ini mampu mempertahankan prestasinya menjadi juara umum tingkat SMP dengan mengoleksi medali emas terbanyak. Sedangkan di tingkat SD, Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pendidikan Kecamatan Kesambi sukses menjadi jawara dan SMAN 1 Cirebon mampu meraih peringkat teratas di tingkat SMA.

Keberhasilan mereka menjadi juara umum di masing-masing tingkatannya, diumumkan pada penutupan Popkota Cirebon 2015, di Stadion Bima, Selasa (20/10/2015).

Prestasi tinggi SMPN 4 Cirebon di peringkat pertama belum tergeser sekolah lain sejak Popkota 2011 hingga sekarang, dengan capaian 22 medali emas, 29 perak dan 21 perunggu. Disusul SMPN 1 Cirebon di posisi kedua merebut 21 medali emas, 13 perak dan 24 perunggu. Sedangkan di peringkat ketiga SMPN 5 yang meraih 20 emas, 12 perak dan 21 medali perunggu.

Di jenjang SD, kontingen UPTD Pendidikan Kecamatan Kesambi sukses menjadi juara umum setelah mengemas 46 medali emas, 38 perak dan 48 perunggu dari cabang olahraga yang dipertandingkan. Kemudian urutan kedua diraih UPTD Pendidikan Kecamatan Kejaksan dengan meraih 38 emas, 29 perak dan 42 perunggu serta juara ketiga UPTD Pendidikan Kecamatan Harjamukti yang menyabet 26 emas, 33 perak, dan 49 perunggu.

Kemudian SMAN 1 Cirebon yang mampu bercokol di tempat teratas tingkat SMA,
berhasil mengumpulkan 31 emas, 23 perak dan 23 perunggu. Di belakangnya ada SMAN 5, dengan mengantongi 29 medali emas, 13 perak dan 14 perunggu, serta di urutan ketiga SMAN 4 Cirebon, yang meraih 14 medali emas, 13 perak, dan 20 perunggu.

Kepala SMPN 4 Cirebon, Elang Tomy, mengungkapkan, banyaknya prestasi yang ditorehkan sekolah ini tidak lepas dari ditunjuknya SMPN 4 Cirebon oleh Pemerintah Pusat sebagai sekolah yang mengembangkan olahraga di Kota Cirebon. Hal itu dibuktikan dengan adanya dua kelas olahraga di sekolah tersebut.

“Ini bukti untuk menunjukan kepada masyarakat, kami melaksanakan amanat yang telah dititipkan kepada kami dan tidak hanya berprestasi di Popkota, juga even nasional dan internasional,” katanya.

Selain itu Elang Tomy mengatakan, pihaknya selalu memberikan keleluasaan kepada para anak didik yang mempunyai minat dan bikat di bidang olahraga untuk mengembangkan potensinya semaksimal mungkin. Bahkan dukungan penuh selalu diberikan kepada para atlet dari SMPN 4, agar kemampuan mereka bisa berkembang dan menjadi atlet terbaik.

“Jika saya selaku pimpinan membatasi gerak mereka tentunya tidak akan bisa berkembang. Tapi saya berpikir, karena mereka mempunyai minat dan bakat yang tinggi di olahraga maka kita berikan kelekuasaaan,” tuturnya.

Perlu evaluasi
Sementara itu kegiatan Popkota Cirebon 2015 resmi berakhir , ditandai dengan upacara penutupan sekaligus penyerahan hadiah bagi para juara oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Cirebon, Casir Edi.

Menurut Edi, meski penyelenggaraan Popkota 2015 berjalan dengan sukses, namun masih banyak kekurangan yang perlu dievaluasi, seperti anggaran yang minim dan pencairan anggaran yang mendekati pelaksanaan.

“Kami akan melakukan evaluasi. Anggaran memang kami akui minim, namun dengan semangat atlet dan pembina olahraga kita bisa sukses menggelar ini,” ujarnya.

Selanjutnya dia berharap, para atlet yang berhasil merah gelar juara bisa dijadikan sebagai bibit atlet dimasa mendatang guna kemajuan olahraga Kota Cirebon.
“Mudah-mudahan mereka akan menjadi anak yang berguna untuk meningkatkan mutu olahraga,” ujarnya.(Imam/KC)