yudha khan
yudha khan

Butuh Proses yang Panjang

MUNGKIN orang berpikir menjadi komika atau komedi tunggal itu mudah, tapi kenyataannya sebaliknya. Menjadi seorang komika memerlukan kerja keras dan konsistensi yang tinggi.

Seperti yang dilakukan oleh Yudha Khan. Komika kelahiran Cirebon ini adalah salah satu penggagas terbentuknya komunitas Standup Comedy Cirebon pada 2012.

Perjalanan yang terbilang tidak mulus tidak menghalangi niatnya untuk menekuni dunia yang dicintainya. Kemampuannya dalam komedi tunggal ini diasah dari panggung open mic, pensi sekolah, sampai akhirnya mendapat kesempatan besar sebagai pembuka komika senior Pandji Pragiwaksono.

Tak lekas puas, ia pun mengikuti kompetisi standup berskala nasional di salah satu TV swasta dan keluar sebagai finalis pada kompetisi tersebut.

Ia berharap teman-teman yang ingin menekuni dunia ini pun agar tidak cepat puas dengan pencapaiannya karena butuh proses yang panjang dan penuh kesabaran.

“Yang dibilang kompetisi instan pun materinya tidak instan, hanya popularitasnya saja yang instan. Dalam segi proses sama saja.” Ujar pria yang pernah jadi juru parkir ini.

Pria berperawakan kurus yang telah menjajal panggung ibu kota, dan menjadi komika pembuka di Aceh ini rencananya akan menjadi komika pembuka Pandji Pragiwaksoni di Australia. Ia berharap ke depannya memiliki tour standup sendiri dan bisa membanggakan kota kelahirannya.(Josa/KC)