SPORT Center Watubelah yang diagendakan menjadi tempat penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) Provinsi Jawa Barat (Jabar) pada tahun 2016 ini, dibatalkan karena hingga kini belum selesai.* Josa/KC

CIREBON, (KC).-

Sport Center Watubelah yang semula diagendakan menjadi salah satu tempat penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) Provinsi Jawa Barat (Jabar) pada tahun 2016 ini, dibatalkan karena pembangunannya hingga kini belum selesai.

Demikian disampaikan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Sport Center Watubelah, Tatit Konitat. Namun menurutnya, meskipun gagal untuk menjadi salah satu tempat penyelenggaraan event besar se-Jabar tersebut, pembangunannya tetap dilanjutkan.

“Karena pembangunannya masih belum beres, maka tidak jadi tempat penyelenggaraan PON Jabar 2016 ini. Akan tetapi kelanjutan pembangunannya tahun sekarang tetap berjalan,” kata Tatit, kemarin.

Lebih lanjut disampaikan dia, kelanjutan pembangunan Sport Center Watubelah tersebut dananya murni dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar secara keseluruhan. Sedangkan untuk Pemerintah Kabupaten Cirebon hanya menyediakan tempatnya saja.

Adapun untuk pengajuan pembangunan Sport Center Watubelah tahun 2016 ini, diakui Tatit, pihaknya telah mengajukan bantuan ke Pemprov Jabar sebesar Rp 80 miliar. Namun informasi yang ia dapat, dari pengajuan tersebut hanya Rp 30 miliar yang akan diberikan pihak terkait untuk kelanjutan pembangunan Sport Center.

“Kalau dalam pengajuannya, kami cantumkan sebesar Rp 80 miliar. Namun informasinya yang bakal bisa di turunkan cuma Rp 30 miliar,” kata Tatit yang juga selaku Kepala Bidang Tata Ruang pada Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (DKCTR) Kabupaten Cirebon tersebut.

Dikatakan Tatit, dengan anggaran sebesar Rp 30 miliar, lanjut dia, pihaknya akan maksimalkan pembangunan lanjutan Sport Center Watubelah. Yakni untuk pembangunan tribun barat, utara, selatan dan timur. “Selain melanjutkan pembangunan seluruh tribun juga bangunan utama lapangan dan jalan parkir halaman luar,” ujar Tatit.

Ia menyampaikan, dari keseluruhn anggaran yang sudah dikeluarkan pihak Pemprov Jabar untuk pembangunan Sport Center Watubelah selama ini sebanyak Rp 30 miliar. Dengan tahap pembanunan sudah hampir 50 persen. “Kalau untuk parkir utama masih belum, saat ini kita lagi konsentrasi pada bangunan lapangan dulu. Untuk parkir utama nanti akan diratakan dengan pengerasan,” katanya.

Tati menambahkan, total tanah yang disediakan pemerintah Kabupaten Cirebon untuk lokasi Sport Center dan kebutuhan lainnya itu seluas 14,5 hektare. Dengan perincian untuk bangunan utama 4,2 hektare dan masih tersisa seluas 10,3 hektare lagi. “Nah nantinya jangka panjang itu selain bangunan Sport Centre juga akan dibangun penunjang-penunjang lainnya seperti sekolah olahraga, asrama dan kolam renang,” pungkas dia.(C-19)