INDRAMAYU, (KC Online).-

Pasca terjadinya penyerangan warga yang berasal dari tiga desa, yakni Desa Parean Girang, Ilir dan Desa Bulak, Kecamatan Kandanghaur, Kabupaten Indramayu ke Blok Bojong, Desa Curug Kandanghaur mengakibatkan ratusan rumah mengalami kerusakan, Selasa (10/1/2017) kemarin. Peristiwa penyerangan ini menyusul berita hoax di media sosial oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

karaoke-room

Untuk meredam dan tidak berkelanjutan peristiwa tersebut, Kapolres Indramayu Ajun Komisaris Besar Eko Sulistyo B memprakarsai musyawarah bersama dilakukan di kantor Desa Curug, Kecamatan Kandanghaur, Selasa (10/1/2017) sekira pukul 20.00 WIB.

Hadir dalam musyawarah di antaranya Sekda Kabupaten Indramayu Ahmad Bachtiar, Dandim 0616 Indramayu Letkol Arh Benny Febrianto, Camat Kandanghaur, Camat Gabuswetan, Kuwu Desa Parea Girang, Kuwu Desa Ilir, Kuwu Desa Bulak, dan Kuwu Desa Curug, perwakilan beberapa tokoh masyarakat dari masing-masing desa tersebut. Termasuk Karo Ops Komisaris Besar Leonidas Braksan, Kasat Brimob Polda Jabar Komisaris Besar Puji Santosa dan undangan lainnya.

Pada kesempatan tersebut Kapolres Indramayu menjelaskan tentang kronologis kejadian yang dipicu beredarnya berita hoax di akun facebook “Kang Kampeng” sehingga timbul gejolak amarah warga tiga Desa Parean Girang, Ilir dan Bulak menyerang dan melakukan pengrusakan rumah di Blok Bojong, Desa Curug, Kecamatan Kandanghaur. “Kami harapkan agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpancing. Percayakan penanganan kasus tersebut kepada kami,” kata Eko.

Hal yang sama pun dikatakan Karo Ops Polda Jabar Komisaris Besar Leonidas Braksan. Dikatakan Leonidas, pihaknya akan melakukan pengamanan di tempat tersebut hingga situasi dan kondisi kembali kondusif. Bahkan diimbau olehnya agar masyarakat untuk tidak tersulut emosinya dengan kabar atau berita yang belum tentu benar (hoax).

Sementara Sekda Kabupaten Indramayu Ahmad Bachtiar memerintahkan kepada Camat Kandanghaur untuk mendata kerusakan rumah warga. Pihaknya berjanji akan membantu meringankan beban kepada pemilik rumah yang rusak dalam peristiwa tersebut.(Udi)

banner-dishub