PELATIH timnas basket putri Indonesia, Kim Dong Won memberikan instruksi kepada atletnya dalam pemusatan latihan tim basket yang dipersiapkan untuk Sea Games Kuala Lumpur di GOR GMC Cirebon, Kamis (6/4/2017).* Josa/KC
PELATIH timnas basket putri Indonesia, Kim Dong Won memberikan instruksi kepada atletnya dalam pemusatan latihan tim basket yang dipersiapkan untuk Sea Games Kuala Lumpur di GOR GMC Cirebon, Kamis (6/4/2017).* Josa/KC

TIM nasional (timnas) bola basket putri berhasil memilih 16 dari 24 atlet yang akan diproyeksikan untuk menjadi skuad inti menuju laga SEA Games Kuala Lumpur 2017.

Manajer timnas bola basket putri, Njo Lie Wen, Kamis (6/4/2017) mengatakan, 16 atlet tersebut merupakan hasil seleksi pada tahapan sebelumnya yang digelar pada Januari 2017 di GOR GMC Cirebon.

karaoke-room

Selanjutnya dari 16 atlet yang lolos, akan diseleksi kembali menjadi 12 atlet penghuni tim inti, dengan menunggu kondisi atlet setelah berakhirnya kompetisi bola basket WNBL 2017 pada Mei.

Menurutnya, dari 24 atlet yang diseleksi tersebut, tercatat enam pebasket yang sudah pernah memperkuat timnas sebelumnya. Di antaranya, Gabriel Sofia, Anggita  Bening, Gradita Agustine, Jakclin Ibo, Yuni, dan Debi.

“Ada lagi Mega tapi dia kebetulan saat dipanggil tidak bisa datang karena menikah. Tapi belum tentu tidak terpilih. Enam atlet yang sudah pernah memperkuat timnas sebelumnya juga akan bercampur dengan pebasket muda yang kami seleksi,” katanya.

Sementara itu mengenai persiapan menjelang laga SEA Games ungkap Njo Lie Wen, sejauh ini kegiatan latihan berjalan bagus. Para atlet, dinilai cepat menerima arahan dari pelatih Kim Dong Won, yang dikenal teliti dan “smart”.

Dikatakannya, meski latihan tersebut terbilang tidak maksimal, namun dia optimistis proses seleksi tersebut berjalan lancar dan dapat memenuhi target. “Pada latihan kali ini, kami fokus untuk menyamakan visi dan misi para atlet. Paling tidak kita punya pegangan. Kompisisi sudah pasti dan mudah-mudahan yang terbaik. Tapi mungkin akan ada 1 atau 2 pemain tambahan yang kami ambil tergantung hasil final di WNBL Mei nanti,” tuturnya.

Kemudian pihaknya juga sudah menanamkan rasa kebersamaan dan tanggung jawab bersama antara atlet dan pelatih untuk membawa nama baik Indonesia di SEA Games Kuala Lumpur 2017. “Target kami tidak muluk-muluk sama seperti tahun lalu mendapat perak. Namun tidak menutup kemungkinan bisa merebut medali emas,” kata Lie Wen. (C-18)

duo-dolly