Oleh Tati Purnawati-KC Online

LOMBA pemilihan tenaga kerja teladan di Kabupaten Majalengka yang diselenggarakan Dinas Tenaga Kerja dan perindustrian Kabupaten Majalengka, minim peminat. Dari jumlah 50 perusahaan yang diundang, ternyata yang mengirimkan pekerjanya untuk mengikuti lomba hanya 20 orang saja, Kamis (20/4/2017). Peserta sebanyak itu terdiri dari 6 perempuan dan 14 lainnya laki-laki.

karaoke-room

Kegiatan seleksi akademis dilakukan di Aula Kokardan Kabupaten Majalengka dengan tiga tim penilai masing-masing berasal dari Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian, Apindo dan SPSI.

Menurut Kepala Bidang Perlindungan Tenaga Kerja, Sangap Sianturi didampingi Kasi Penanganan Tenaga Kerja, Aan, seleksi tenga kerja teladan ini dilakukan untuk mengikuti seleksi tingkat Jawa Barat yang biasa diselenggarakan setiap tahun.

Menyangkut minimnya peserta, Aan mengatakan, pihaknya sudah mengirim surat ke 50 perusahaan besar yang ada di Kabupaten Majalengka jauh hari sebelum pelaksanaan. Makanya jika perusahaan berkenan maka mereka akan mengirimkan pesertanya untuk mengikuti seleksi.

“Namun kami menduga banyaknya perusahaan yang tidak mengirimkan pekerjanya, karena kemungkinan surat tidak sampai ke meja pimpinannya, namun surat hanya sampai ke staf dan staf tidak menindaklanjutinya ke pimpinan apalagi menunjuk wakil perusahaan untuk datang mengikuti seleksi,” ungkap Aan.

Manfaat besar

Padahal, menurut Sangap Sianturi, seleksi tersebut membawa manfaat besar bagi peserta ataupun perusahaan. Itu di antaranya pekerja bisa mengetahui sejumlah hak-haknya serta kewajibannya. Karena materi yang diujikan adalah menyangkut pemenuhan ketenagakerjaan. Di samping itu, bagi yang menjadi juara, pemerintah memberikan reward berupa uang pembinaan dan piala.

“Mungkin juga ada surat yang benar-benar tidak sampai ke pemilik perusahaan atau pimpinannya, karena barusan juga kami mendapat telepon dari sebuah perusahaan yang mempertanyakan soal tidak ada undangan. Padahal kami mengundang banyak perusahaan untuk mengirimkan karyawannya,” ungkap Aan.

Dia menyebutkan, bagi juara satu hadiah yang diberikan adalah uang sebesar Rp 2.500.000, juara kedua Rp 2.000.000 serta juara ketiga Rp 1.500.000.***

banner-dishub