CIREBON, (KC Online).-

Prestasi membanggakan ditorehkan para siswa SDN Kebon Baru IV, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon. Baru-baru ini, tepatnya 16 April 2017, SDN Kebon Baru IV berhasil meraih 2 medali perunggu atas nama Ratu Kiren dan Afifah serta 1 Merit atas nama Nawaf Amjad dalam kompetisi Matematika Nalariah Realistik se-Indonesia ke-12 di Bogor.

Pembimbing Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) SDN Kebon Baru IV, Djulkarnaen didampingi pembimbing Pendidikan Agama Islam (PAI), Rofi’ah, mengungkapkan, medali tersebut diperoleh setelah perjuangan panjang dari babak penyisihan pada Desember yang menyertakan 24 siswanya. “Kemudian 23 siswa melaju ke babak semi final pada Januari, dan akhirnya 7 siswa SDN Kebon Baru IV melaju ke babak Grand Final KMNR 12,” katanya.

Djulkarnaen mengungkapkan, dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Kecamatan Kejaksan, bidang Sains, Farrel Variansyah dan Nadhifa Putri tampil sebagai juara 1 dan 2, serta Ridwan Hardiyanto Juara 2 bidang Matematika.

“Kemudian Ridwan Hardiyanto dan Nadhifa menjadi juara 2 dan 3 tingkat Kota Cirebon bidang Matematika dan Sains dan mewakili Kota Cirebon di OSN tingkat Provinsi Jawa Barat. Dalam Lomba Calistung Kelas 3, Galuh Anindya juara 2 Kecamatan Kejaksan dan juara 1 tingkat Kota Cirebon, serta Nashwa Putri kelas 2 juara 2 tingkat Kecamatan Kejaksan dan tingkat Kota Cirebon,” katanya.

Dalam Olimpiade MIPA, SDN Kebon Baru IV juga menyapu bersih juara 1, 2, 3 atas nama Nawaf, Nayla Querida, dan Maura Putri. Nawaf Amjad menjadi juara 1 Olimpiade MIPA se-Wilayah Cirebon dan harapan 1 Math Creative. “Dalam lomba Matematika berhasil menjadi juara 1 kategori kelas 3, Ratu Kiren, juara 1 kategori kelas 5 atas nama Ridwan Hardiyanto, dan Juara 1, 2 , dan 3 kategori kelas 6 atas nama Nawaf, Nayla Querida, dan Maura,” terangnya.

Tak hanya itu, SDN Kebon Baru IV juga  unggul dalam PAI dan juga taekwondo. “Keisha Iradati berhasil menjadi juara 3 Lomba bercerita Cirebon yang diselenggarakan di Batik Trusmi. Disamping itu dalam ajang Sapta Lomba PAI berhasil menjadi juara 3 Qasidah, Juara 2 Sholat berjamaah, dan juara 2 kaligrafi atas nama Ahlan Akbar. Di ajang Taekwondo berhasil meraih 2 medali emas dalam ajang Subang Open 2 atas nama Clarissa dan Zyfanya,” terangnya.

Djulkarnaen menuturkan, dalam FLS2N tingkat Kecamatan Kejaksan, SDN Kebon Baru IV meraih juara 1 Pantomim atas nama Nashwa Putri, juara 2 Melukis dan Menggambar atas nama Ahlan Akbar dan Amalia Nurzahra. Juara 3 Pianika atas nama Nadiva. Harapan 1 membatik dan harapan 3 Cipta Puisi atas nama Haikal dan Cinta Alia. “Dengan perolehan demikian di tingkat Kecamatan Kejaksan, SDN Kebon Baru IV berhasil meraih Juara Umum dalam ajang OSN, Calistung, dan FLS2N. Total prestasi 32 Prestasi dari bulan Maret – 16 April 2017,” katanya.

Sementara itu, Kepala SDN Kebon Baru IV, Hj. Ilah menuturkan, mengaku bangga dengan prestasi yang telah diraih para siswa. “Siswa dan guru terlihat begitu aktif. Banyak siswa berbakat di sekolah ini. Gurunya pun bisa membimbing mereka untuk bisa berpartisipasi dalam lomba. Dengan binaan yang optimal dan dukungan dari orangtua, SDN Kebon Baru IV selalu banjir prestasi di setiap bulannya,” tutur Ilah yang baru beberapa bulan sebagai kepala SD tersebut.(C-14)