INDRAMAYU, (KC Online).-

Kabupaten Indramayu berpeluang meraih kembali Piala Adipura kesembilan kalinya secara berturut-turut. Untuk kategori kota kecil, Indramayu makin memperpanjang rekor peraih Adipura terbanyak di Jawa Barat. “Insya Allah kami akan kembali meraih Adipura. Ini berarti yang kesembilan kalinya secara berturut-turut dalam sembilan tahun terakhir,” kata Wakil Bupati H Supendi, Sabtu (10/6).

karaoke-room

Optimisme bakal kembali meraih Adipura dikemukakan setelah hasil ekspos yang dilakukan di hadapan Dewan Pertimbangan Adipura (DPA) di Kementrian Lingkungan Hidup, pada Rabu pekan lalu.

Tanggapan pihak DPA mengaku puas dengan hasil ekspos yang dilakukan langsung Supendi. “DPA tampak puas. Karena itu kami optimistis, Adipura kesembilan kalinya tinggal tunggu waktu saja,” tuturnya.

Ikut mendampingi Supendi dalam ekspose Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Ir. H. Aep Surahman dan Ketua DPRD, H Taufik Hidayat. Supendi mengemukakan berbagai kebijakan, program, kegiatan pengelolaan lingkungan dan persampahan.

Pemkab Indramayu, tambah Supendi, telah membuat program LH seperti program pengendalian pencemaran dan perusakan lingkungan hidup, perlindungan dan konservasi sumber daya alam, peningkatan kualitas dan akses informasi sumber daya alam, peningkatan pengendalian polusi udara serta mitigasi dan adaptasi perubahan iklim.

Dalam pengelolaan sampah, pemkab mengeluarkan kebijakan peningkatan cakupan pelayanan dan kualitas sistem pengelolaan, pengurangan sampah dari sumbernya dan peningkatan peran serta masyarakat. “Program yang kami paparkan memperoleh respon positif dari anggota DPA,” tambah Supendi.

Seperti ditulis sebelumnya, Indramayu merupakan satu-satunya daerah di Jabar yang berhasil mempertahankan Piala Adipura kategori kota kecil selama delapan kali berturut-turur. Sejak raihan pertama di tahun 2009, sampai tahun 2016 lalu, berhasil mempertahankan raihan prestasi tersebut. (Odok)

banner-dishub