Sultan HB X saat bersilaturahmi dengan warga di Yogyakarta beberapa waktu lalu/PRLM/KC Online.*

YOGYAKARTA, (KC Online).-

Ribuan warga dari berbagai empat kabupaten dan kota di Daerah Istimewa Yogyakarta  (DIY) berbaur dengan para pejabat dan pegawai negeri sipil bersalaman dengan Sri Sultan Hamengku Buwono X di Bangsal Kepatihan Yogyakarta, Senin, 3 Juli 2017.

Warga yang hadir dari wilayah Kabupaten Gunungkidul, Sleman, Bantul, Kulonprogo, dan Kota Yogyakarta.

Mereka membaur dalam antrian dengan para pejabat di antaranya Kapolda DIY Brijen Pol Ahmad Dofiri, Wakil Ketua DPRD Arief Noor Hartanto, Kepala Perwakilan Bank Indonesia DI Yogyakarta Budi Hanoto dan para pejabat lainnya. Semuanya bersalaman dengan Gubernur DIY sekaligus Raja Kraton Ngayogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X, Permaisuri GKR Hemas, Wakil Gubernur Sri Paku Alam X dan istri GKBRYA Paku Alam.

Trijono (470 dan Indun (45) dari Srandakan, Bantul, pasangan suami-istri yang ikut bersalaman dengan Gubernur antri untuk bersalaman dalam acara Syawalan Idul Fitri 1438 H/2017 M.

“Hari ini saya sangat bahagia. Alhamdulillah bisa salaman dengan beliau. Ini pengalaman pertama saya salaman dengan Ngarso Dalem Sri Sultan. Perlu waktu 47 tahun dapat kesempatan ini,” kata Trijono saat ditanya “PR”.

Pria kelahiran Magelang itu menyatakan meluangkan waktu khusus untuk ikut syawalan dengan Sri Sultan. Alasannya, selain ingin salaman, juga ingin dapat berkah dalam hidupnya. “Saya sedang seret (susah) ekonomi belakangan. Dengan salaman Sri Sultan, saya ingin hidup saya ke depan bisa lebih baik,” ujar dia.

Indun, istri Trijono, menyatakan pengalaman ini tidak terlupakan sepanjang hidup. “Kita sengaja tidak bekerja apa-apa hari ini. Kami berdua bersiap pagi hari dengan niat bertemu dan salaman dengan Sri Sultan. Saya senang bisa salaman.”

Ngabekten Kraton