Bonita Fetterman/GM/KC Online.*

SATU lagi peringatan buat siapapun yang suka bermain dengan ombak dan air laut. Seorang ibu telah berjuang dari infeksi langka akibat serangan bakteri pemakan daging yang mengancam jiwanya, saat mencelupkan kakinya ke laut. Dia adalah Bonita Fetterman, terpaksa menjalani operasi untuk memotong daging yang sakit, agar tidak menyebar.

Wanita tersebut berhubungan dengan bakteri di Myrtle Beach, yakni sebuah resort liburan di pantai Atlantik Carolina Selatan, menurut sebuah posting Facebook oleh putrinya. Dia juga ditengarai memiliki nekrosis fasciitis, yakni infeksi serius yang merusak jaringan tubuh.
“Pembedahan adalah satu-satunya pilihan sampai benar-benar dipotong jauh darinya. Itu dilakukan dengan harapan itu tidak akan menyebar,” kata putrinya, seperti dilansir netralnews dari Daily Mail, kemarin.

Necrotising fasciitis adalah infeksi bakteri langka namun serius yang dapat menghancurkan kulit, lemak, dan jaringan yang menutupi otot dalam waktu yang sangat singkat. Ini bisa dimulai dari luka yang relatif kecil, seperti gigitan kecil atau gigitan serangga saat bakteri memasuki luka.
Penyakit ini bisa disebabkan oleh beberapa jenis bakteri. Kasus dimana orang-orang terinfeksi di lautan karena dia telah terinfeksi air asin yang mengandung spesies Vibrio. Serta ditemukan di perairan laut yang hangat, organisme ini juga sering hadir dalam tiram mentah, kerang, dan makanan laut lainnya.

Ini adalah penyebab narkrotizing fasciitis yang sangat jarang terjadi dan lebih mungkin mempengaruhi orang dengan sistem kekebalan yang terganggu. Infeksi memburuk dengan cepat dan bisa berakibat fatal jika tidak dikenali dan diobati sejak dini.

Pengobatan yang lebih cepat akan semakin besar kemungkinan pasien akan pulih dari infeksi dan menghindari komplikasi serius, seperti amputasi. (GM/KC ONline)