Kepala Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 1 Kota Cirebon, Usmadi/KC Online.*

KEJAKSAN, (KC Online).-

Setelah beberapa minggu menjabat Kepala Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 1 Kota Cirebon, Usmadi, langsung membangun program dan pembenahan sistem di sekolah. Semua itu dilakukan agar sekolah yang dipimpinnya bisa memiliki prestasi dan karakter tersendiri seperti tahun-tahun sebelumnya.

Usmadi mengaku, pihaknya tidak bisa berjalan sendiri dalam membangun sekolah, tapi perlu dukungan dan kekompakan dari jajarannya. Langkah awal yang dilakukan dengan menata lingkungan, menumbuhkan budaya bersih di sekolah, dan lancarnya sistem sanitasi di lingkungan sekolah.

“Kenapa hal itu diutamakan, karena dengan lingkungan bersih dan nyaman, maka ke depannya akan mudah untuk melanjutkan program selanjutnya. Kemudian di tahun kedua, saya juga merencanakan akan menjalankan program literasi di sekolah agar siswa di lingkungan madrasah ini bisa terbiasa dengan budaya membaca buku,” kata Usmadi saat ditemui di ruangan kerjanya, Kamis (10/8/2017).

Mantan Kepala MTsN 2 Kota Cirebon ini, juga memiliki program lain yaitu mengembangkan dunia kewirausahaan di lingkungan madrasah yaitu mengembangkan prodak unggulan agar anak menjadi lebih mandiri, seperti membuat lukisan kaligrafi kaca dan telur asin.

“Program lainnya di lingkungan sekolah juga akan terus ditingkatkan lagi seperti program keagamaan. Setiap hari membaca Asmaul Husna, tadarus Alquran, Salat Dhuha, selain itu dibantu dengan program kesiswaan seperti program kuliah Jumat. Itu dilakukan di minggu pertama, dan minggu keduanya pembinaan walikelas.” ungkap Usmadi yang resmi menggantikan H Didin Abidin pada 22 Juni 2017.

Setelah adanya program rotasi, mutasi dan promosi, Usmadi termasuk dalam sejarah pertama di Kota Cirebon karena menjadi kepala MTs dari seorang guru di MTsN 1. Mayoritas sebelumnya posisi kepala MTs selalu diisi pejabat dari lingkungan Madrasah Aliyah (MA).(Egi)