SDN 1 Kadugede/Eman/KC Online

Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Kadugede Kabupaten Kuningan berupaya mencetak siswa yang berbudi pekerti luhur dan berjiwa spiritual yang mantap melalui kegiatan kepramukaan.

Sehingga dapat mewujudkan tujuan pendidikan nasional dalam mencerdaskan kehidupan bangsa yang beriman dan takwa kepada Allah Swt.

“Berbagai metode upaya dalam membangun karakter siswa dilakukan, salah satunya melalui kegiatan kepramukaan. Pendidikan tersebut dipraktikan langsung di lapangan dengan bimbingan guru kelas maupun guru pembina pramuka yang ada di sekolah,” kata Pembina Pramuka SDN 1 Kadugede, Jojo Abdul Rojak, Jumat (25/8/2017).

Menurutnya, kegiatan pramuka yang dilaksanakan di lingkungan sekolah maupun kemah di alam terbuka wajib diikuti oleh seluruh siswa. Agar mereka dapat merasakan langsung praktik kepramukaan di lapangan, sehingga akan banyak menambah wawasan dan pengalaman siswa.

Mulai dari dilatih untuk hidup saling tolong menolong dengan sesama, berdisiplin, hingga beragam keterampilan yang dapat memberikan manfaat bagi siswa.

“Kegiatan kemah pramuka sudah terjadwal dan harus diikuti oleh seluruh anggota pramuka. Dari mulai bangun tidur, salat subuh berjamaah, senam pagi, upacara hingga waktu istirahat harus dilaksanakan tepat waktu. Hal ini memerlukan kedisiplinan serta kesadaran tinggi, sehingga akan membekas dalam kehidupan sehari-hari,” tuturnya.

Jojo mengatakan, terutama dalam melaksanakan ibadah, akan berbeda ketika para siswa berada di lingkungan keluarga karena masih bisa lolos dari perhatian orang tua. Namun ketika kegiatan keagamaan dilaksanakan saat pramuka, maka wajib ditunaikan oleh seluruh siswa sesuai arahan guru pembina pramuka.

Seperti mereka harus mengambil air wudhu dengan susah payah mencari keluar kemah, melaksanakan salat berjamaah dengan tertib, membaca Alquran, menunaikan salat duha dan sebagainya.

“Anak-anak mendapat bimbingan bukan sebatas teori, namun praktik langsung selama kegiatan kegiatan berlangsung. Karenanya pemerintah mewajibkan pramuka harus diikuti oleh seluruh siswa. Karena akan berdampak terhadap pendidikan karakter yang akan membekas hingga mereka kelak dewasa,” tuturnya (Eman/KC Online)