Cemilan echol/KC Online.*

BAGI masyarakat Cirebon, makanan yang satu ini sangat akrab di lidah. Rasanya yang unik, gurih, akan ditemukan sejak gigitan pertama. Makanan laut ini mengandung protein yang tinggi pula. Wajar jika makanan ini kerap menjadi pendamping sayur lodeh atau sayur asem saat disantap.

Makanan ini bernama echol. Di sejumlah daerah di Cirebon, makanan ini gampang ditemui di nelayan atau di pasar-pasar. Lantaran pedagangnya sedikit dan stoknya terbatas, echol ini sering kehabisan di pasaran. Meski demikian, tak sedikit masyarakat yang menyukainya.

Tapi jangan khawatir, di Desa Kancikulon, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, echol ini banyak ditemui. Sebab, echol merupakan salah satu makanan khas daerah setempat. Tak hanya itu, hewan laut seperti kerang, namun bentuknya kecil-kecil ini menjadi andalan masyarakat setempat untuk menambah pundi keuangan keluarga dan sebagai cemilan.

Echol merupakan sejenis kerang laut kecil dari keluarga Pelecypoda molussca. Kerang echol banyak ditemukan di sepanjang pesisir pantai desa setempat atau pesisir lainnya di Cirebon. Karenanya, masyarakat sekitar banyak yang mencari kerang tersebut untuk dijual maupun dikonsumsi.

Rp 5.000/Kg