UNMA/Jejep/KC Online

Sebanyak 724 lulusan Universitas Majalengka (UNMA) menggelar sidang terbuka dalam rangka Wisuda Sarjana dan Magister tahun akademik 2016/2017 di Gedung Auditorium kampus setempat, Rabu (13/9).

Rektor UNMA Prof. H Sutarman berharap lulusan UNMA dapat mengimplementasikan kemampuan dan ilmu yang telah didapat dibangku kuliah untuk membantu pemerintah sesuai dengan kompetensi dan bidangnya masing-masing.

“Para alumni harus dapat menjaga nama baik almamater dan turut serta membangun bangsa dan negara sesuai dengan keahliannya,” katanya.

Ia menambahkan, saat ini Unma sudah memiliki 23 program studi (prodi) yang di dalamnya 13 prodi sudah terakreditasi B dan dalam proses 3 prodi. “Itu artinya selama 2,5 tahun peningkatan mutu eksternal terus meningkat,” katanya.

Kemudian, pihak kampus juga telah mengangkat dosen tetap berusia muda dengan standarisasi minimal S2 yang tua ditempatkan di semua fakultas yang ada di kampus setempat.

Bahkan, dari semua dosen itu ternyata memiliki hasrat yang tinggi dalam melakukan penelitian, sehingga pihak kampus memfasilitasinya dengan menggelontorkan anggaran penelitian mencapai milirian rupiah. Dana itu berasal dari internal kampus Rp 400 juta dan dana hibah Dikti Rp 600 juta.

“Kita memiliki hibah dari Dikti ini sebanyak 18 bidang penelitian, kita juga saat ini tengah menyekolahkan dosen dengan standarisasi S3 sebanyak 8 orang melalui skema beasiswa unggulan dalam negeri,” katanya.

Dengan tingginya jumlah itu pihaknya sangat bersyukur, menandakan jika prestasi kampus Unma terus mengalami peningkatan yang signifikan. Tentunya hasil semua ini demi kemaslahatan masyarakat Majalengka pada khususnya, umumnya bagi bangsa negara ini.

“Sekarang kampus kami terus menggeliat, untuk menampakan jati dirinya dan mampu bersaing dengan berbagai perguruan tinggi yang berada diberbagai kota dan kabupaten di tanah air ini,” tukasnya.

Ketua Yayasan Pembina Pendidikan Kabupaten Majalengka (YPPM) Prof. HA Yunus mengaku, akan terus mengembangkan UNMA demi berkontribusi aktif bagi masyarakat secara luas. Hingga saat ini UNMA telah berhasil mencetak kader-kader intelektual sebanyak 16.509 orang.

Keberhasilan mencetak kader intelektual itu merupakan bukti besarnya perjuangan civitas akademika UNMA selama ini.(Jejep/KC Online)