kabar-cirebon.com

KEJAKSAN, (KC Online).-

Kota Cirebon memiliki banyak pelayanan publik dari berbagai bidang yang diperuntukkan untuk kepentingan masyarakat. Tak jarang, pelayanan publik ini memiliki kekurangan atau kelemahan sehingga memicu pengaduan masyarakat mengenai pelayanan publik kepada instansi terkait.

Aplikasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online (LAPOR) merupakan aplikasi yang paling sering dan banyak digunakan bagi masyarakat yang mengajukan pengaduan mengenai pelayanan publik tertentu.

Kepala Sub Bidang Pelaksanaan dan Monitoring Sistem Pengelolaan Pelayanan Publik Nasional (SP4N), Rosikin selaku narasumber dalam Acara Rapat Kerja Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di Aula Balai Kota Cirebon, Rabu (13/09/2017), menjelaskan, semua pelayanan publik harus memiliki maklumat. Maklumat tersebut berisikan apa saja yang akan diberikan dan didapatkan oleh masyarakat sebagai pengakses pelayanan publik.

“Banyaknya pengaduan pelayanan publik kepada instansi terkait disebabkan karena masyarakat tidak mendapatkan apa yang seharusnya diberikan dari suatu pelayanan publik yang diakses,” ujarnya.

Dampak positif