KONI/Erix/KC Online

Bidik Target 10 Besar dengan 20 Emas dari 16 Cabor

Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang diperingati setiap 9 September, menjadi momentum yang tepat bagi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Kuningan untuk mematangkan persiapan menghadapi Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat (Jabar) 2018 di Kabupaten Bogor.

Sekretaris KONI Kabupaten Kuningan, Eman Sulaeman didampingi pelatih Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Ade Anand, Jumat (8/9/2017) mengungkapkan, pada Porda Jabar 2018 kontingen Kabupaten Kuningan ditargetkan masuk 10 besar dalam urutan klasemen.

Sehingga untuk mencapai sasaran tersebut, minimalnya harus meraih 20 medali emas dari 16 cabang olahraga (cabor) yang diikuti di Porda.Berbeda dengan Porda sebelumnya, yang hanya memperoleh 12 medali emas dari 15 cabor dengan berada di peringkat 16.

“Insya Allah, besok kami akan undang para atlet dan pelatih ke kantor KONI Kuningan untuk mengadakan syukuran Haornas, sekaligus mensosialisasikan target yang dipasang untuk Porda mendatang. Karena untuk menjadi sepuluh besar, kita harus bekerja sama lebih solid diawali dari persiapan,” katanya.

Disebutkannya, dalam cabor bola voli, tim Kabupaten Kuningan telah gagal di babak kualifikasi. Sehingga diharapkan pada cabor yang lain, termasuk futsal dan wushu bisa mendulang prestasi yang membanggakan, meski merupakan cabor yang baru diikuti.

Menurut Eman, olahraga menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari, saat melakukan aktivitas fisik atau hanya sekedar menonton pertandingan olahraga. Ditambah lagi olahraga pun dapat masuk ke seluruh lapisan masyarakat, mulai dari orang tua, kalangan muda, laki-laki, maupun perempuan, di desa dan di kota.

“Sebagai insan olahraga, semua pasti berkeinginan memperingati Haornas. Untuk tahun ini secara resmi kami juga mendapatkan undangan dari KONI Jabar di Bandung , dan sudah mendelegasikan beberapa orang untuk datang ke sana, yang bertepatan dengan persemian Lapangan Arcamanik. Kalau peringatan di Kuningan karena bertepatan juga dengan ramainya kegiatan hari jadi Kabupaten Kuningan, kami hanya mengadakan syukuran dan fokus pada persiapan tim yang lebih penting,” tuturnya.

Optimistis

Sementara itu Ade Anand menyatakan optimistis, dari atletik bisa menyumbangkan minimal 10 medali emas di Porda.Karena ditunjang sejumlah atlet potensial yang sudah teruji dan bisa diandalkan untuk berjuang optimal di even empat tahunan tersebut.

“Kuningan ini terkenal sebagai gudangnya atlet untuk cabang atletik, bukti nyata Eki Febri Ekawati berhasil meraih medali emas di SEA Games 2017,” katanya.

Kemudian untuk mencapai sepuluh besar, kontingen Kabupaten Kuningan juga punya potensi dari angkat besi, yang bisa meraih 3-4 emas, dari renang dengan satu atlet andalan yang dapat meraih emas dan biliyar di kelas junior terdapat atlet yang langganan juara. Ditambah dari pencak silat yang menunjukkan perkembangan prestasi sangat bagus, juga berpotensi mendulang emas.

“Kalau dari wushu meskipun pelatihnya optimistis bisa meraih 4 emas, kami doakan saja karena Kuningan baru akan mengirimkan cabor ini di Porda,” ungkapnya.(Erix/KC Online)