Ilustrasi/PRLM/KC Online.*

SUMBER, (KC Online).-

Pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan dilaksanakan pada 8-10 Januari 2018 mendatang. Jadwal pendaftaran ini, telah ditentukan KPU melalui Peraturan KPU Nomor 1 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota.

Ketua KPU Kabupaten Cirebon Syaefudin Jazuli mengatakan, partai politik atau gabungan partai politik yang dapat mengajukan pasangan calon adalah parpol yang memperoleh 20 persen kursi dari jumlah kursi di DPRD Kabupaten Cirebon, yakni 50 kursi.

“Jadi, harus ada 10 kursi di DPRD jika parpol atau gabungan parpol yang akan mengajukan pasangan calon ke KPU. Sementara, jika ingin menggunakan patokan surat suara yang sah pada pemilu legislatif adalah 258.256 suara,” kata Syaefudin, Senin (11/9/2017).

Syaefudin menambahkan, untuk calon perseorangan sudah ditetapkan harus ada 113.111 dukungan. Jumlah ini merujuk pada 6,5 persen dari total daftar pemilih tetap pada Pemilihan Presiden 2014 lalu yang mencapai 1.740.165.

“Jumlah persebaran kecamatan yang mendukung minimal 21 kecamatan dari total 40 kecamatan di Kabupaten Cirebon. Kalau lebih dari 21 kecamatan, ya lebih bagus,” katanya.

KPU sendiri akan mengumumkan penerimaan berkas dukungan pada jalur perseorangan pada 9-22 November 2017 mendatang. Setelah calon pada jalur perseorangan mengirimkan seluruh persyaratan ke KPU lengkap dengan batas minimal dukungan, KPU tidak lantas akan menetapkan calon pada jalur perseorangan tersebut.

“Sebab, kami harus meneliti terlebih dahulu terhadap dokumen dukungan pasangan calon. Jadi, nanti ada penelitian administrasi dan penelitian faktual,” ujar Syaefudin.

Sejauh ini, menurutnya, memang sudah ada masyarakat yang menanyakan soal detail pencalonan jalur perseorangan ke KPU. “Kami sendiri tidak akan antipati jika ada masyarakat yang ingin datang untuk mencari informasi. Silakan datang saja dan kami akan menjelaskan secara detail. Memang betul, sudah ada yang menanyakan secara langsung soal pendaftaran melalui jalur perseorangan ini, namun kami tidak tahu, apakah mereka ini betul mau mendaftar atau tidak,” katanya. (Fanny)