Penandatanganan nota kesepahaman mengenai kontribusi PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah I di lingkungan PLTU Indramayu ditandatangani oleh Bupati Indramayu Anna Sophanah bersama Dariyanto Ariyadi yang mewakili perusahaan listrik negara.

Penandatanganan kerjasama pembangunan PLTU tersebut dilangsungkan di Ruang Ki Tinggil Setda Indramayu, Senin (11/9/2017). Kerjasama ini merupakan tindak lanjut atas kebijakan pemerintah melalui Peraturan Presiden Nomor 3 tahun 2016 tentang percepatan pelaksanaan proyek strategis nasional.

“Penandatanganan nota kesepahaman ini sebagai pedoman dalam rangka meningkatkan kerjasama dalam penyelenggaraan program-program dukungan terkait kegiatan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Indramayu berkapasitas 2×1000 MW, serta kegiatan pembangunan lainnya di Kabupaten Indramayu,” ungkap Anna Sophanah.

Perpres nomor 3 tahun 2016 mengharuskan para gubernur dan bupati untuk mendukung percepatan pelaksanaan proyek strategis nasional di wilayahnya. Dalam naskah yang ditandatangani itu, di dalamnya mencakup penanganan dampak lingkungan atas kegiatan pembangunan PLTU tersebut.

Selain itu, juga memuat pemanfaatan tenaga kerja lokal sesuai dengan tingkat keahlian yang dimiliki. Pelatihan tenaga kerja yang berasal dari Kabupaten Indramayu akan dilakukan oleh pihak PLN dalam rangka peningkatan sumber daya manusia guna mempersiapkan tenaga kerja handal menyongsong beroperasinya pembangunan PLTU II juga menjadi salah satu isi kerjasama tersebut.

“Untuk tempat pelatihannya dapat dilakukan di Balai Latihan Kerja (BLK), maupun di Politekhnik Negeri Indramayu (Polindra),” sebutnya.

Kerjasama ini juga merupakan akses pendukung pemulihan mata pencaharian dan standar hidup bagi warga terdampak proyek (WTP).

Disamping itu, juga mengatur tentang pemberdayaan masyarakat melalui tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR), hingga memberikan kesempatan bagi pengusaha lokal untuk dapat berpartisipasi dalam pembangunan proyek tersebut.

Kehadiran PLTU juga telah dapat mewujudkan infrastruktur dan irigasi yang memadahi bagi masyarakat di sekitarnya.

Sebagaimana dirasakan oleh masyarakat Desa Patrol Baru, Desa Mekarsari Kecamatan Patrol dan Desa Sumuradem Kecamatan Sukra dan sekitarnya.

Usai penandatanganan, pelaksana tugas General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah I, Daryanto Ariyadi, mengatakan PLTU Indramayu II yang masuk dalam wilayah Kecamatan Patrol dan Kecamatan Sukra ini dapat mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat. PLN pun berkomitmen untuk berkontribusi kepada seluruh masyarakat di tanah Wiralodra. (Cipyadi/KC Online)