merdeka.com

SUKABUMI, (KC Online).-

Kantor Imigrasi Kelas II Sukabumi mendeportasi 11 orang warga negara asing dalam kurun waktu Januari hingga Oktober 2017. Pendeportasian tesebut akibat penyalahgunaan izin tinggal dan over stay.

Kasi Wasdakim Imigrasi Kelas II Sukabumi Zulmanur Arif mengatakan, 3 dari 11 WNA yang dideportasi itu berasal dari China akibat penyalahgunaan izin tinggal.

Sedangkan WNA dari Philipina, Oman, Arab Saudi, Bagladesh, dan Polandia dipulangkan akibat over stay. Sementara satu lagi dari Negara Iran dideportasi setelah menyelesaikan masa hukumannya di Indonesia.

“Jadi tahun ini ada tiga hal yang menyebabkan WNA dideportasi, penyalahgunaan izin tinggal, overstay dan ex narapidana,” ujarnya, Rabu (11/10/2017)

Arif menyatakan, kasus paling banyak ditemukan tahun ini adalah overstay. Berbagai faktor yang menyebabkannya, seperti terlambat memperpanjang izin tinggal dan ada juga yang sudah berkeluarga di Indonesia.

“Dari 11 orang yang dideportasi itu, tujuh diantaranya akibat overstay,” ucapnya.

Arif menambahkan, untuk memperkecil pelanggaran, Kantor Imigrasi Kelas II Sukabumi terus melakukan pengawasan. Baik secara administratif ataupun terjun ke lapangan dengan memantau secara langsung ke sejumlah tempat.

“Kita terus menjalankan fungsi pengawasan untuk mengurangi pelanggaran yang dilakukan oleh WNA ketika berada di Indonesia,” pungkasnya. (GM/KC Online)