Abdi Yuhana/KC Online.*

SUMBER, (KC Online).-

Komisi Informasi Jawa Barat menunda pembentukan tim panitia seleksi untuk pendaftaran Komisi Informasi Kabupaten Cirebon periode 2017-2021. Penundaan dilakukan karena menunggu realisasi anggaran. Komisi Informasi Kabupaten Cirebon periode 2013-2017 sendiri telah usai sejak 7 Oktober lalu.

Komisioner Komisi Informasi Jawa Barat Bidang Sosialisasi Ijang Faisal mengatakan, sengketa informasi di Kabupaten Cirebon terbilang banyak. Di tahun ini saja, Komisi Informasi Kabupaten Cirebon menerima 42 aduan sengketa informasi, di tengah minimnya dana operasional.

“Karena belum ada dukungan anggaran yang jelas, saya tunda dulu pembentukan tim panitia seleksinya, meskipun sudah ada surat dari Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Cirebon kepada Komisi Informasi Jabar,” kata Ijang, Rabu (11/10/2017), usai workshop Keterbukaan Informasi Publik di kantor Diskominfo Kabupaten Cirebon.

Menurut Ijang, Peraturan Daerah tentang KIP di Kabupaten Cirebon sebetulnya sudah ada sejak 2010 dan merupakan Perda inisiatif DPRD. Sesuai peraturan, dua tahun setelah Perda ini disahkan, maka Komisi Informasi Kabupaten Cirebon dibentuk.

“Tapi selama ini anggaran belum memadai. Hanya untungnya teman-teman dari Komisi Informasi Kabupaten Cirebon ini tetap semangat, mereka tetap bekerja di tengah minimnya dana operasional,” tuturnya.

Ada anggarannya