CSB Mall/KC Online.*

KESAMBI, (KC Online).-

Pesatnya perkembangan sistem belanja online atau e-commerce membuat sejumlah kalangan bergerak pada usaha ritel maupun pengelola pusat perbelanjaan banyak melakukan inovasi.

Inovasi merupakan hal paling utama agar tetap survive di tengah makin berkembangnya sistem belanja online yang tengah mulai dilakukan masyaakat sekarang ini.

General Manager CSB Mall, Gunadi Iksan mengungkapkan, inovasi merupakan bagain dari upaya dalam memertahankan bisnis ritel. “Dalam merangsang minat masyarakat. Kita telah banyak melakukan inovasi. Sehingga pusat perbelanjaan diharapkan masih tetap menjadi pilihan masyarakat,” tutur Gunadi Iksan, kemarin.

Menurutnya, menghadapi fenomena belanja secara online, pihaknya secara khusus membuat banyak program event. “Kami berupaya secara terus menerus mengadakan banyak event. Ya, paling tidak dalam satu minggu itu ada dua hingga tiga kali event. Tujuannya tiada lain untuk dapat menarik trafik pengunjung ke pusat perbelanjaan ini,” jelasnya.

Dengan seringnya diadakan event, trafik pengunjung ke CSB Mall semakin hari semakin meningkat. Tercatat, sebut Gunadi, jika pada saat “weekday” tingkat kunjungan bisa mencapai antara 12.000 sampai 14.000 pengunjung, atau naik untuk tingkat kunjungan pada saat “weekend” bisa mencapai lebih dari 20.000 orang pengunjung ke CSB Mall.

“Umumnya pengunjung banyak yang memanfaatkan CSB Mall sebagai ajang berbelanja, meskipun ada dari sebagian besarnya yang memanfaatkan berkuliner serta refresing,” tuturnya.

Sebuah ancaman

Sebelumnya, Area Manager PT. Matahari Departemen Store Tbk, Tjipto Suparman mengatakan, fenomena belanja secara online (online shop) menjadi sebuah ancaman tersendiri bagi keberadaan mall dan pebisnis ritel.

Terlebih, dengan segala kemudahan, kelebihan dan hampir sebagian besar produk bisa didapat, masyarakat akan lebih tertarik berbelanja melalui online shop tersebut.

“Kekhawatiran kita memang ada. Meski sampai saat ini memang belum begitu terjadi, karena berbelaja secara online di Indonesia masih belum begitu besar. Karenanya, menghadapi fenomena belanja secara online, perlunya bagi pengelola pusat perbelanjaan dan pebisnis ritel untuk melakukan banyak inovasi. Sehingga pusat perbelanjaan atau mall masih bisa unggul bersaing dengan belanja secara online tersebut,” tuturnya.(Epih)