Mensukseskan program gerakan pengembangan membaca (gerbang maca), Bupati Indramayu, Hj. Anna Sophanah menyerahkan satu unit kendaraan operasional roda empat kepada Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpus) Kabupaten Indramayu, H Wawang Irawan, Senin (9/10/2017). Ifan/KC Online

INDRAMAYU, (KC Online).-

Mensukseskan program gerakan pengembangan membaca (gerbang maca), Bupati Indramayu, Hj. Anna Sophanah menyerahkan satu unit kendaraan operasional roda empat kepada Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpus) Kabupaten Indramayu, H Wawang Irawan, Senin (9/10/2017).

Bupati Indramayu, Hj. Anna Sophanah mengatakan, pemberian kendaraan itu merupakan salah satu wujud kepedulian Pemkab Indramayu dalam upaya meningkatkan minat baca warga Indramayu, khususnya para pelajar dengan harapan keberadaan armada operasional tersebut dapat difungsikan secara optimal.

Dengan demikian, para pelajar mulai tingkat TK, SD, dan MI yang tinggal jauh dari perkotaan dapat dijemput melalui armada tersebut. “Saya berharap, pihak Dinas Arpus dapat memanfaatkan armada operasional secara baik,” katanya.

Sementara Kepala Dinas Arpus Kabupaten Indramayu, H.Wawang Irawan menilai, sistem jemput bola yang nantinya diterapkan Dinas Arpus sangat membantu meningkatkan minat baca siswa secara merata, karena fungsinya akan mampu menyentuh para pelajar hingga ke pelosok desa.

Dengan harapan, program gerbang maca yang dirancang meningkatkan minat kegemaran dan budaya baca masyarakat dapat meningkatkan wawasan, ilmu pengetahuan, keterampilan dan pada gilirannya dapat menyukseskan visi Indramayu religius, maju, mandiri dan sejahtera (Remaja).

“Semoga keberadaan armada operasional ini dapat menggugah dan memotivasi untuk meningkatkan minat dan kegemaran membaca di Kab.Indramayu. Sehingga dapat mewujudkan Indramayu sebagai kabupaten literasi,” terangnya kepada KC Online.

Menurutnya, pemberian bantuan satu unit armada operasional itu berawal dari rasa keprihatinannya ketika melihat secara langsung para siswa usia TK, SD dan MI datang ke gedung perpustakaan dengan menumpang mobil angkot maupun sejenisnya, sehingga dipandang penting manakala Dinas Arpus memiliki armada operasional yang diperuntukkan bagi para siswa yang ingin berkunjung ke perpustakaan.

Salah satu manfaat armada operasional ini menjemput para siswa TK, SD maupun MI se-Indramayu dengan jadwal penjemputan secara bergilir sesuai surat permohonan pihak sekolah yang bersangkutan.

Artinya, penjemputan akan dilakukan Dinas Arpus ketika pihak sekolah telah mengajukan surat resmi ke Dinas Arpus Indramayu.

“Insya Allah, armada ini mulai beroperasi pekan depan dan akan menjemput para siswa secara gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun. Untuk sementara, sistem jemput bola rencananya akan dimulai terhadap sekolah-sekolah TK, SD maupun MI wilayah perkotaan,” ungkapnya.(Ifan/KC Online)