PETUGAS memperlihatkan robot Tyranosaurus rex di Pusat Edukasi Mutiara Bangsa Indramayu, Bojongsari, Senin 9 Oktober 2017. Replika dinosaurus itu dapat bergerak berdasarkan sensor.*

INDRAMAYU, (KC Online).-

Pusat wisata edukasi Mutiara Bangsa resmi beroperasi mulai Senin (9/10/2017). Pusat wisata edukasi tersebut merupakan yang terbesar di wilayah Jawa Barat. Dengan adanya wahana tersebut diharapkan pariwisata Indramayu dapat terdongkrak signifikan.

Bupati Indramayu Anna Sophanah mengatakan, proses pembangunan wisata edukasi Mutiara Bangsa berlangsung cukup lama. “Penantian panjang sekitar 12 tahun lamanya. Alhamdulillah kini bisa diresmikan,” kata Anna saat meresmikan wahana edukasi Mutiara Bangsa di Bojongsari, Indramayu.

Pusat edukasi itu didirikan guna mendukung pendidikan di Kabupaten Indramayu. Dengan mengamati wahana yang ada, siswa dapat belajar dengan cara praktik, tidak melulu teori. Menurut dia, hal itu sangat berguna bagi siswa.

Soalnya, sejauh ini siswa hanya dicekoki oleh teori. Sesekali pembelajaran praktik mesti diberikan kepada siswa. “Harapannya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Mohon dapat dijaga,” ujar Anna.

Anna mengklaim, pusat edukasi Mutiara Bangsa merupakan yang terbesar di Indonesia. Pasalnya, terdapat beberapa wahana edukasi yang tidak ada di daerah lainnnya. Contohnya seperti bioskop 4 dimensi.

Keberadaan pusat edukasi juga kata Anna, ditujukan untuk kemajuan pariwisata Indramayu. Diharapkan masyarakat luas akan lebih tertarik lagi mengunjungi Indramayu.

Puluhan wahana