Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Kuningan Ajun Komisaris Besar Yuldi Yusman saat silaturahmi ke Sekretariat Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP, Kamis (19/10/2017). Agus/KC Online

PADA Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018 di Kabupaten Kuningan, seluruh partai politik (parpol) diminta dapat mewujudkan pilkada damai.

Permintaan itu disampaikan Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Kuningan Ajun Komisaris Besar Yuldi Yusman saat silaturahmi ke Sekretariat Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP, Kamis (19/10/2017).

“Kunjungan ke seluruh parpol merupakan agenda kami sebelum mengumpulkan partai politik yang ada di Kabupaten Kuningan.
Tujuannya itu untuk mewujudkan pilkada damai, kami mengawali kunjungan ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) karena partai tersebut di Kuningan memiliki basis terbesar dan akan dilanjutkan ke seluruh parpol lainnya,” ujar Yuldi Yusman.

Yuldi menyebutkan, kunjungan ini tergantung kesiapan dan kelengkapan pengurus parpol. Meskipun tidak ada penyampaian yang spesifik, tetapi dengan kedatangan unsur pimpinan Polres Kuningan ke seluruh parpol untuk menginformasikan bahwa Polres berencana mengumpulkan mereka bulan depan.

“Tak elok rasanya bila kami langsung mengundang begitu saja, tanpa mendatangi seluruh parpol terlebih dahulu. Setelah seluruhnya dikumpulkan tentu komunikasi silaturahmi ini akan tetap terjalin, dengan begitu ketika kami mengumpulkan seluruh parpol pesan yang menjadi harapan kami pada momentum pilkada 2018 nanti,” kata Yuldi.

Dalam satu bulan ini, lanjut Yuldi, menjadi fokus Polres Kuningan untuk mendatangi terlebih dahulu sekretariat parpol guna mewujudkan pemilihan kepala daerah maupun pemilihan umum yang damai. Sampai saat ini perkembangan situasi politik di Kuningan baik–baik saja, kondusif dan tidak ada hal yang terlalu mengkhawatirkan.

“Menghadapi 2018 kami mewajibkan seluruh anggota keluar lapangan guna merangkul seluruh elemen masyarakat baik parpolnya, tokoh agama, tokoh masyarakat hingga tokoh pemuda. Jadi bukan kami yang mengundang, tetapi kami yang mendatangi mereka,” ujarnya.

Kedewasaan Politik

Sementara itu, Ketua DPC PDIP Kabupaten Kuningan Rana Suparman mengatakan, pimpinan Polres Kuningan memiliki agenda untuk mengumpulkan seluruh parpol yang diawali dengan mengunjungi Sekretariat DPC PDIP terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan kunjungan ke seluruh parpol.

“Semua parpol akan dikunjungi Kapolres, Wakapolres didampingi Kasat Intelkam. Kunjungan ini dalam rangka membangun cara pandang terhadap pilkada yang akan datang, bahwa pilkada itu harus benar– benar aman dan mendidik secara politik serta membangkitkan kedewasaan politik,” ujar Rana Suparman.

Rana menyebutkan, Kapolres Kuningan mengharapkan pilkada di Kuningan ini tidak berkualitas. Misalnya partisipasi masyarakat dalam pemilihan untuk memilih pemimpin.

Maka daripada itu, tugas partai memiliki kewajiban untuk memberikan pendidikan politik kepada masyarakat agar bisa hadir ke tempat pemungutan suara dengan membawa kartu tanda penduduk elektroni atau surat keterangan telah melakukan perekaman yang diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

“Insya Allah setelah kedatangan pimpinan Polres Kuningan ke sekretariat kami, inspirasi Kapolres juga akan diikuti oleh kami untuk melakukan konsolidasi ke masyarakat. Jadi tidak hanya dalam tataran konsolidasi partai, tetapi juga bagaimana konsolidasi mewujudkan pilkada berkualitas,” kata Rana.(Agus/KC Online)