SEBAGAI wujud syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa dan kecintaan terhadap tradisi, warga Desa Cibuntu, Kecamatan Pasawahan, menggelar kegiatan “Sedekah Bumi”, di kawasan obyek wisata Pager Gunung Cibuntu, Sabtu (07/10/2017). Erix/KC Online

SEBAGAI wujud syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa dan kecintaan terhadap tradisi, warga Desa Cibuntu, Kecamatan Pasawahan, menggelar kegiatan “Sedekah Bumi”, di kawasan obyek wisata Pager Gunung Cibuntu, Sabtu (07/10/2017).

Acara syukuran menjelang musim tanam ini, dimulai sejak pukul 07.00 WIB, diikuti ribuan warga setempat dan sekitarnya, serta sejumlah tamu undangan dari luar kota.

Sesaat sebelum acara dimulai, rombongan warga berjalan dari arah jalan desa, mengarak seorang berpakaian ala panglima zaman kerajaan yang didampingi sejumlah orang berpakaian hulubalang, diiringi pasukan pembawa umbul-umbul, penabuh genjring,

kemudian kereta kuda yang ditumpangi oleh Kepala Desa Cibuntu, H. Awam Hamara beserta istrinya, dan diikuti di belakangnya petugas pemanggul upeti hasil bumi, serta warga desa laki-laki dengan membawa hasil bumi lainnya, dan warga desa perempuan mengais “tetenong” dan “ceceting” berisi cangkedong atau rupa-rupa masakan nasi lengkap dengan lauk-pauknya, yang hendak disajikan untuk para tamu yang hadir.

Setibanya rombongan di tempat pagelaran acara, disambut oleh para penari dan Ki Lengser. Lalu kesemua anggota rombongan yang berpakaian adat Sunda tersebut, berkumpul duduk lesehan di depan podium yang diduduki oleh para pejabat daerah, dan tamu undangan. Semuanya tampak memancarkan aura kebahagiaan sambil menikmati suguhan pentas kesenian pada panggung yang berada di samping podium.

Hadir dalam acara tersebut, Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, Camat Pasawahan Eko Yuyud Mahendra, perwakilan dari DPRD Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Arlon,perwakilan dari Dinas Pemuda, Olahraga dan Parwisata Kota Banjar, dan tamu undangan delegasi kebudayaan dari beberapa daerah.

Menurut Acep, acara Sedekah Bumi dan berprestasinya Desa Cibuntu, terlaksana berkat pengorbanan serta dukungan penuh dari seluruh masyarakatnya. Selain itu bupati juga kagum akan hasil bumi yang melimpah dan kemakmuran pertanian Desa Cibuntu.

“Alhamdulillah, terbukti dengan upaya dan kerja keras kita semua, hari ini bisa menyaksikan seluruh masyarakat Cibuntu tumpah ruah di acara Sedekah Bumi ini. Ini semua merupakan bentuk pengorbanan dan kecintaan masyarakat dalam mendukung kemajuan desa.
Untuk itu, semoga hal ini bisa menjadi catatan bagi kepala desa yang lain, bahwa setiap jengkal tanah yang ada di desa agar bisa dimanfaatkan guna kemakmuran masyarakat”, tuturnya.

Kepala Desa Cibuntu, H. Awam mengatakan, acara Sedekah Bumi sudah menjadi tradisi yang turun-temurun dari para leluhur dan rutin setiap tahun dilaksanakan. Sehingga warga harus bisa melestarikannya, agar jangan sampai generasi penerus melupakan budayanya sendiri.

“Ini adalah syukuran kita kepada Allah Swt, sekaligus doa sebelum menanam kembali agar senantiasa meraih hasil panen yang baik, ucapnya. Erix/ KC Online