Hj. Wahyu Tjiptaningsih/KC Online.*

ASTANAJAPURA, (KC Online).-

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Cirebon, Hj. Wahyu Tjiptaningsih Sunjaya, mengajak masyarakat untuk menjaga kesehatan. Di antaranya, rajin berolahraga dan mengonsumsi buah juga sayuran.

“Dengan berolahraga minimal 30 menit, misalnya jalan kaki. Sangat berguna menjadikan badan tetap bugar. Begitu juga dengan mengonsumsi buah dan sayur, dapat membantu asupan gizi bagi tubuh,” katanya di sela penyerahan kartu Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN KIS) di halaman Kantor Kecamatan Astanajapura, Rabu (29/11/2017).

Wanita yang biasa dipanggil Ayu ini menjelaskan, JKN KIS merupakan payung masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Akan tetapi, bila menjaga kesehatan dengan cara berolahraga dan asupan gizi yang seimbang, dapat meminimalisir terjadinya gangguan kesehatan.

“Lebih baik menjaga kesehatan, daripada sakit. JKN KIS ini dapat langsung digunakan, apabila masyarakat membutuhkan pelayanan kesehatan. Akan tetapi, harus sesuai prosedur. Misalnya, membawa surat rujukan dari Puskesmas,” jelasnya.

Masih dikatakan Ayu, untuk Kabupaten Cirebon sekitar dua juta lebih masyarakat yang mendapatkan JKN KIS. Sehingga, tersisa kisaran 223 ribu warga yang belum mendapatkan. Ditargetkan, 2019 seluruh masyarakat masuk dalam JKN KIS.

“Secara bertahap akan dilakukan pendataan bagi penerima JKN KIS. Maka dari itu, perlu adanya sinkronisasi data dari mulai tingkat desa hingga dinas. Selain itu, Badan Pusat Statistik (BPS) perlu juga dilibatkan dalam pendataan. Misalnya, ada penerima JKN KIS yang meninggal. Maka, harus segera melaporkan. Agar, dapat diganti dengan orang lain,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, dr. Sudiono menambahkan, sinkronisasi data sangat diperlukan. Guna meminimalisir terjadinya salah sasaran.

“Kami akan terus berupaya dalam memberikan data yang akurat. Sehingga, yang mendapatkan JKN KIS merupakan warga yang benar-benar memerlukan. Untuk Kecamatan Astanajapura, penerima JKN KIS kisaran 1.884 orang,” imbuhnya.(Supra)