kabar-cirebon.com

GREGED, (KC Online).-

Massa pendukung Calon Kuwu (Calwu) nomor urut 1, Nurudin, Desa Lebakmekar, Kecamatan Greged Kabupaten Cirebon, kembali melakukan aksi.

Kali ini mendatangi kantor kecamatan setempat, guna memfasilitasi Panitia Pemilihan Kuwu (Panpilwu) desa, untuk membuka kotak suara. Karena, ada dugaan kecurangan saat pelaksanaan Pilwu serentak, 29 Oktober lalu.

Tanpa spanduk dan orasi, massa langsung diterima unsur Muspika. Namun, situasi sempat memanas ketika massa menginginkan Panpilwu membuka kotak
suara. Akan tetapi, tak berlangsung lama. Karena, kedua pihak (panitia dan massa, Red) saling menahan diri. Setelah perdebatan sekitar satu jam, akhirnya
Panpilwu bersedia membuka kotak suara.

Kemudian, Panpilwu dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) setempat membuat surat permohonan pada Polsek, agar bersedia membawa kotak suara ke kantor kecamatan dan membukanya. Karena, waktu yang tidak memungkinkan, dijadwalkan besok, Selasa (14/11/2017) atau hari ini kotak suara akan dibuka.

Menurut juru bicara warga, Kolik, masyarakat yang mendukung nomor urut 1 ingin mengecek langsung isi kotak suara yang disinyalir ada pemilih ganda.

“Dengan dibukanya kotak suara, kita bisa melihat langsung suara yang masuk dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT). Dari situ, kita bisa melangkah ke tahapan berikutnya,” kata Kolik, Senin (13/11/2017).

Senada dikatakan warga lainnya, Juju. Selama dua pekan masyarakat menunggu janji dari Panpilwu untuk membuka kotak suara di hadapan Muspika. Akan tetapi, hingga saat ini tak kunjung realisasi. Maka, masyarakat mendatangi kantor kecamatan untuk difasilitasi.

“Janjinya dari Panpilwu tiga hari, tapi hingga dua pekan menunggu tak juga dilakukan membuka kotak suara. Pokoknya hari ini harus dibuka kotak suara tersebut,” pintanya.

Ketua Panpilwu, Sido Mulyono mengungkapkan, panitia sudah membuat surat permohonan pada Polsek untuk membawa dan membuka kotak suara. Namun,
hasil musyawarah bersama Panitia Pengawas (Panwas) Pilwu kecamatan, besok (14/11/2017). “Besok pagi pukul 10.00 WIB, kotak suara akan ada di kantor kecamatan dan akan langsung dibuka,” ungkapnya.

Camat Greged, Ikin Asikin menambahkan, pembukaan kotak suara akan dilaksanakan besok. Sesuai dengan keputusan bersama Calwu. “Untuk pembukaan kotak suara sudah ada kesepakatan bersama seluruh pihak, termasuk dari Calwu Nurudin. Jadi sekarang silakan pulang ke rumah masing-masing,” pintanya.

Meski dengan rasa kecewa, akhirnya sekiitar pukul 16.30 WIB, massa membubarkan diri dengan tertib dan akan mendatangi kantor kecamatan lagi esok hari. Untuk menyaksikan pembukaan kotak suara.(Supra)