kabar-cirebon.com

KESAMBI, (KC Online).-

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Swadaya Gunung Jati (Unswagati), Dr. H Mukarto Siswoyo terpilih menjadi rektor masa bakti 2018-2022 pada Sidang Senat Terbuka yang digelar Selasa (31/10/2017) di Aula Kampus 1 Unswagati.

Ia terpilih secara aklamasi karena calon rektor tunggal. Ketua Panitia Pemilihan Rektor, Prof. Dr. Hj. Ida Rosnidah menyampaikan, berdasarkan Statuta Unswagati Tahun 2017 Pasal 32 ayat 3 (c) dan juga berdasarkan SKEP No.44/YPSGJ/X/2017 tentang Tata Tertib Pemilihan Rektor Pasal 11 ayat 8, maka calon rektor dipilih secara aklamasi oleh Senat Universitas.

“Sejak dibuka pendaftaran hanya ada satu calon mendaftar atas nama Dr. H Mukarto Siswoyo, Drs., M.Si. berdasarkan Statuta Unswagati Tahun 2017 Pasal 32 ayat 3 (c) dan juga berdasarkan SKEP No.44/YPSGJ/X/2017 tentang Tata Tertib Pemilihan Rektor Pasal 11 ayat 8, maka calon rektor dipilih secara aklamasi oleh Senat Universitas,” kata Ida.

Rektor Unswagati terpilih, Mukarto Siswoyo mengatakan, ada tujuh program kerja yang akan dilakukannya saat memimpin Unswagati ke depan yaitu meningkatkan kemampuan tenaga pendidikan, meningkatkan kerja sama dengan lembaga eksternal, membantu sistem pelayanan prima, peningkatakan perolehan calon mahasiswa, keunggulan, prestasi dan pencitraan.

“Kemudian peningkatan sistem dukungan manajerial universitas, membangun sinergitas antara universitas dengan yayasan fakultas dan unit kerja lainnya, dan revitalisasi lokal dalam kehidupan kampus. Itu beberapa program kerja ke depan yang sudah disusun saya,” kata Mukarto.

Komunikasi

Ia memiliki visi dan misi hampir sama dengan yayasan yaitu visinya “terwujudnya Unswagati sebagai Perguruan Tinggi yang bereputasi nasional, berjejaring global dan berkontribusi bagi daya saing bangsa yang bermartabat di tahun 2026”.

“Masalah keuangan akan diprioritaskan di pihak yayasan, namun ke depan akan mengedepankan komunikasi yang baik antara yayasan maupun universitas. Karena selama ini komunikasi antara yayasan masih kurang sehingga perlu ditingkatkan, agar kebutuhan universitas bisa lebih terarah dan seimbang,” kata Mukarto.

Sementara Ketua Yayasan Pendidikan Unswagati, Acep Komara berharap dengan terpilihnya Mukarto Siswoyo sebagai rektor bisa mengembangkan Unswagati ke arah lebih baik lagi. “Terlebih visi dan misi universitas dan yayasan sama, sehingga bisa adanya saling koordinasi antara yayasan dengan pihak universitas,” kata Acep.(Egi)