Pelaksanaan simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA/SMK di Kota Cirebon, Senin (13/11/2017) masih belum maksimal karena sejumlah komputer di sekolah sulit login/Egi/KC Online.*

KESAMBI, (KC Online).-

Pelaksanaan simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA/SMK di Kota Cirebon, Senin (13/11/2017) masih belum maksimal karena sejumlah komputer di sekolah sulit login. Kondisi tersebut membuat sejumlah siswa harus mengikuti simulasi UNBK tidak sesuai dengan jadwal.

Salah satunya terjadi dalam simulasi UNBK di SMAN 7. Sebanyak delapan unit komputer yang digunakan untuk simulasi UNBK sulit login saat baru dimulainya simulasi.

Selama hampir 15 menit, delapan siswa dari satu lab di sekolah setempat, tidak mengikuti simulasi hingga komputer bisa digunakan untuk mengerjakan soal.

Menurut Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMAN 7, Wawan Muswana mengatakan, masalah tersebut memang sempat membuat sejumlah siswa tidak mengerjakan soal Bahasa Indonesia dan Matematika pada simulasi perdana. Namun pihak sekolah langsung melakukan koordinasi secara online dengan Kemendikbud.

“Dari hasil koordinasi itu pihak sekolah ternyata tidak hanya terjadi di SMAN 7 saja, melainkan terjadi pula di sejumlah SMA lainnya. Mengantisipasinya pihak sekolah harus melakukan auto pacing, dan alhamdulillah dengan waktu cepat sekira lima belas menit komputer siswa bisa digunakan hingga akhirnya siswa bisa mengikuti simulasi dengan lancar,” ujar Wawan.

Sudah paham

Diungkapkan Wawan, dalam simulasi UNBK SMAN 7 telah menambah 20 unit laptop. “Simulasi UNBK dilakukan sebanyak tiga sesi dengan masing-masing sesi berjumlah 160 siswa. Setelah mengikuti simulasi, mereka juga akan ada tahapan lainnya seperti try out kedua dan beberapa persiapan menjelang UNBK sehingga siswa lebih mantap,” imbuh Wawan.

Salah seorang siswa SMAN 7, Feri Iyansyah Dwi Winara mengaku tidak terlalu tegang mengerjakan soal UNBK pada simulasi perdana karena sebelumnya sudah pernah dilaksanakan try out pertama. “Pelatihan juga sudah pernah saya ikuti. Secara teknis kami juga sudah paham bagian dari login maupun cara pengerjaanya,” kata Feri.(Egi)