KUNINGAN, (KC Online).-

Kejuaraan balap sepeda berskala internasional yang dikemas dalam “Tour De Linggarjati” tidak hanya bertujuan membudayakan olahraga sepeda, menjaring bibit-bibit atlet berpotensi dan mempromosikan sektor wisata. Namun ajang tersebut menjadi ujicoba ASIAN Games 2018.

Ketua Panitia Pelaksana Tour De Linggarjati, Agus Sadeli didampingi Sekretaris II, Tatiek Ratna Mustika, mengatakan, salah satu perbedaan dari pelaksanaan Tour De Linggarjati I, II dengan Tour De Linggarjati III yang akan digelar pada 1-3 Desember 2017 adalah bakal dijadikan test event ASIAN Games.

“Test event ASIAN Games bakal dihelat di hari terakhir, tetapi sudah dipastikan akan menyedot perhatian penonton dari warga Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Ciamis maupun wisatawan lokal, nasional dan internasional,” kata Agus Sadeli, Minggu (26/11/2017).

Menurut Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kuningan ini, uji coba yang melibatkan atlet-atlet ternama kelas dunia tersebut akan dihelat 3 Desember 2017 dari pukul 08.00-13.00 Wib dengan start dari halaman Pendopo Pemerintah Kabupaten Ciamis dan finish di Pendopo Pemerintah Kabupaten Kuningan.

Dalam pelaksanaannya nanti akan dibedakan yakni kelas Men Elite menempuh jarak 120 km dan Women Elite sekitar 80,7 km.

Mengenai medan yang akan dilalui para pembalap Tour De Linggarjati, Agus Sadeli, menerangkan, kondisinya cukup menantang sehingga dengan berbagai pertimbangan pemerintah daerah melalui Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait tengah melakukan perbaikan dan penataan secara maksimal.

Tour De Linggarjati akan dibagi menjadi tiga kategori lomba yakni Individual Time Trial yang startnya dari simpang tiga Caracas dan finish di halaman Gedung Perundingan Linggarjati, Individual Road Race dengan start dan finish di halaman Pendopo Pemerintah Kabupaten Kuningan serta Criterium dengan start dan finish di depan Masjid Syirul Islam Kuningan.(Yan/KC Online)