Pasar Sumber saat proses pembangunan/KC Online.*

SUMBER,(KC Online).-

Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Cirebon mengunci jumlah pedagang di Pasar Sumber di angka 531 orang. Jumlah ini adalah jumlah pedagang yang menjadi korban kebakaran Pasar Sumber pada 2015 lalu.

Kepala Disperdagin H Denny Agustin mengatakan, pihaknya tidak mungkin mengakomodasi seluruh pedagang, sebab setelah kebakaran dan menempati pasar darurat di dekat gedung NU Sumber, jumlah pedagang disinyalir bertambah.

531 pedagang tersebut, menurut Denny, merupakan hasil pendataan yang dilakukan oleh Disperdagin dan tidak mungkin bisa ditambah lagi, sebab sudah sesuai dengan exsisting Pasar Sumber.

“Ada 75 kios di Pasar Sumber, sisanya los dan lemprakan. Jumlah yang akan kami tetapkan adalah 531 orang, ini sudah dikunci dan tidak mungkin bisa ditambah. Kalau terus ditambah, persoalan pedagang yang akan menempati Pasar Sumber ini tidak akan pernah selesai,” kata Denny usai meninjau Pasar Sumber bersama Bupati H Sunjaya Purwadisastra saat Safari Pembangunan 2017, Rabu (6/12/2017).

Sebelum jumlah pedagang dikunci, selalu muncul jumlah pedagang terbaru, bahkan beberapa waktu lalu jumlah pedagang di Pasar Sumber dikabarkan berada di atas seribu orang.

“Saya tegaskan jumlah ini didapat sesuai dengan pendataan, mereka ini adalah korban kebakaran waktu 2015 lalu. Bukan korban kebakaran ya maaf kami tidak bisa mengakomodasinya,” tuturnya.

Sementara itu, perkembangan Pasar Sumber saat ini sudah mencapai 95 persen. Menurut Denny, pembangunan akan mencapai 100 persen secara tepat waktu, yaitu 17 Desember mendatang.

“Tapi kan bangunannya belum selesai karena anggarannya hanya Rp 11,9 miliar yang didapatkan dari Dana Alokasi Khusus, dan dengan anggaran ini maka kita hanya bisa membangun 65 persen saja,” tuturnya.

Tambah anggaran