Ilustrasi/PRLM

BANDUNG, (KC Online).-

Lomba balap sepeda klasik terkemuka, Ultra Milk-Pikiran Rakyat Trophy edisi ke-38 dan ICF Criterium Seri III akan digelar pada 16-17 Desember 2017.

Even yang dirintis sejak 1979 ini, untuk membangkitkan kembali prestasi balap sepeda Jawa Barat (Jabar) dan nasional melalui arena pembibitan berjenjang dari tingkat kadet (U-14), youth (pemula U-16), junior U-18 hingga senior/elite.

Namun tidak seperti biasanya pada Ultra Milk-PR Trophy XXXVI ini, tidak akan menggelar kategori elite/senior. Karena kegiatan tingkat senior tahun ini sangat padat. Ditambah lagi berbenturan dengan babak kualifikasi Porda Jabar 2018 , yang pada Sabtu (16/12/2017) masih berlangsung nomor track di Velodrome Munaip Saleh.

“Selain itu dana sponsor yang terbatas di tengah situasi ekonomi yang kurang kondusif, serta dukungan dari pemerintah melalui KONI Jabar maupun Dispora Jabar setiap tahun tidak ada, sementara keperluan biaya panitia semakin meningkat,” ungkap Koko Gunarko, sekretaris pantia dari PBS. Sangkuriang selaku pelaksana lomba.

Meski nomor senior ditiadakan, nomor terpenting untuk mengorbitkan atlet yaitu kadet U-14, pemula U-16 dan junior U-18 akan menjadi acara utama pada gelaran Ultra Milk-PR Trophy ke-38.

Disebutkannya, pada even yang menggelar 11 kategori lomba ini, star akan dilakukan dari Jalan Cagak, Subang (depan kantor Camat Cagak-Subang) menuju kawasan Pintu Tangkuban Parahu sejauh 22 km, finis di ketinggian 1.600 m Dpl (lkategori Hors) lokasi finis yang sama seperti PON 2016 dan SEA Games 2011. Yaitu putra/putri junior U-18, pemula putra/putri (U-16) dan kadet putra/putri (U-14), master putra U30-39, U 40-49, U 50-59, U 60 + dan MTB putra open.

“Semua peserta akan finis di lokasi sama, yakni di jalan raya Pintu Tangkuban Parahu dan akan star dari lokasi Jalan Cagak, Subang. Kecuali nomor kadet putra/putri star dari Ciater Spa,” ujarnya.

Kemudian Minggu (17/12/2017), di lokasi sirkuit seputar Jabar Sport Center (Dispora Jabar) Arcamanik digelar Kriterium ICF seri III serta Usia Dini Ultra Milk-PR seri V yang digelar kerja sama dengan PB Sangkuriang dan PB ISSI.

Sementara nomor yang dilombakan untuk putra elit, junior dan pemula, putri elit, junior dan pemula, kelas master A dan B. Sedangkan untuk usia dini (putra/putri) yakni usia 5-6, 7-8, 9-10 kadet A putra/putri U-12, kadet B putra/putri U- 14.(PRLM/KC Online)