Ilustrasi/KC Online.*

LEMAHWUNGKUK, (KC Online).-

Aktivitas para nelayan di Cirebon masih berjalan saat memasuki musim penghujan yang dinilai ekstrem. Bahkan, meski sempat terjadinya fenomena alam berupa pusaran angin puting beliung di laut pantai Kejawanan pada pekan lalu, namun mereka masih tetap melakukan kegiatan seperti biasa.

Kepala Dinas Pangan Pertanian Kelautan dan Perikanan (DPPKP) Kota Cirebon, Maharani Dewi mengatakan, pascakejadian adanya angin kencang memang sebagian nelayan masih merasa trauma. Namun mereka para nelayan, kata Maharani, masih tetap melakukan aktivitasnya menangkap ikan di laut.

“Pascaadanya angin puting beliung minggu kemarin itu, semua sudah normal lagi. Para nelayan juga dalam melaut berjalan seperti biasa. Meskipun masih dirundung adanya rasa was-was juga,” ungkap Maharani saat dikonfirmasi di sela kegiatanya, Selasa (5/12/2017).

Dia menjelaskan, untuk keadaan cuaca laut khsusnya di Pantura Cirebon saat ini memang menjadi kendala bagi para nelayan dengan kapal kecil untuk melaut. Selain ukuran kapal yang dipakai sangat membahayakan jika dipaksakan untuk berlayar ke tengah laut, ditambah dengan kondisi cuaca dan angin akhir-akhir ini.

Namun demikian, bagi kapal-kapal besar yang biasa melaut berbulan-bulan cuaca saat ini tidak menjadi halangan. Sehingga aktivitas penangkapan masih berjalan seperti biasa.

“Cuaca dan keadaan angin saat ini memang berpengaruh bagi nelayan kecil. Tapi itu kalau untuk yang di Pantai Kejawanan, mereka kan kapalnya besar-besar, jadi tetap melaut seperti biasa. Bahkan mereka masih tetap tangguh untuk mencari rezeki di laut lepas sana,” katanya.

Maharani menuturkan, saat ini sekitar 500 nelayan memang sudah terdata sekaligus terdaftar di asuransi. Namun pihaknya tetap memberikan peringatan untuk tidak melakukan aktivitas di laut selama cuaca tidak memungkinkan.

Hingga saat ini, kata dia, belum ada laporan bahkan tidak sampai diharapkan adanya kejadian yang menimpa para nelayan selama di laut. Untuk itu, DPPKP terus melakukan upaya termasuk melakukan sosialisasi kepada nelayan agar selalu waspada.

Selain itu, kata Maharani, kepada para nelayan yang berangkat melaut, pihaknya pun tak bosan-bosan untuk memperingati agar selalu memenuhi standar keselamatan sesuai dengan ketentuan yang ada. Karena, melihat kondisi sekarang hujannya lumayan besar.

“Kita terus imbau, selalu kita warning ke mereka, utamakan keselamatan dan bawa alat-alat keselamatan. Selain itu, untuk yang tercover di asuransi itu yang punya kartu nelayan. Namun masih ada yang juga yang belum dan masih sedang dalam pendataan” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Kejawanan, Imas Masriah, membenarkan bahwa terjadinya puting beliung beberapa waktu lalu tidak berdampak pada para nelayan di Kejawanan. “Bagi nelayan di Kejawanan khususnya, terjadinya angin puting beliung kemarin tidak ada dampak. Kegiatan pun masih normal seperti biasa,” ujarnya.(Mamat)