Bupati Kuningan, H. Acep Purnama.

KUNINGAN, (KC Online).-

Di era globalisasi sekarang ini, siapa pun tidak akan mampu menghindari terjadinya akulturasi pada semua sektor kehidupan. Sehingga berdampak terhadap eksistensi sebuah bangsa, apakah bisa bertahan atau tergerus oleh peradaban bangsa lain.

Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, Rabu (6/12/2017) mengatakan, apabila memiliki jati diri dan karakter yang kuat, maka diyakini dapat bersaing sekaligus mempertahankan pondasi jati dirinya sebagai bangsa. Namun sebaliknya, jika tidak mampu hanya akan menjadi penonton terhadap perkembangan kemajuan peradaban tanpa memberikan kontribusi yang baik.

Untuk itu, tantangan pada kemajuan peradaban tersebut, sebenarnya bisa menjadi peluang guna bersaing di berbagai bidang, sehingga mampu berdiri sama tinggi dengan bangsa lain. Hal ini sebagai buah dari dinamika pembangunan dan merupakan dampak langsung dari keterbukaan informasi yang mudah diakses.

“Sekarang ini masyarakat bisa cepat belajar dan mengetahui tentang apa saja yang terjadi di daerah lain. Termasuk hal-hal tentang penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan. Sehingga tidak mustahil, nantinya akan menuntut agar kemajuan tersebut dapat segera diterapkan sekaligus diwujudkan juga di daerahnya,” ungkapnya.

Maka dari itu dikemukakannya, lembaga pendidikan mempunyai tugas penting dalam menciptakan pribadi-pribadi berkarakter kuat secara moral yang berintegritas kuat, memiliki landasan budaya pribadi dan sosial untuk mencapai kemajuan, dengan tetap berpijak para karakter masyarakat serta bangsa.

Selain itu, sistem pendidikan yang baik, juga harus mampu menyediakan pelatihan pendidikan dan keterampilan, untuk menghadapi tantangan zaman. Karena mesti sadar tentang kebutuhan pengetahuan dan teknologi masyarakat. Artinya, pendidikan yang baik adalah yang bisa menciptakan sumber daya manusia berdaya saing tinggi.

“Mau tidak mau, yang namanya akulturasi tidak bisa dihindari, tetapi tetap harus ada upaya antisipasi. Dan di sini diperlukan peranan pendidikan dalam menciptakan sumber daya manusia yang berdaya saing tinggi, karena sudah dipastikan bakal mendukung terhadap peningkatan daya saing bangsa dan negara khususnya di Kabupaten Kuningan,” tuturnya.(Yan/KC Online)