HT Mamat Robby Suganda, Ketua Pembina Yayasan Regam Matsuda yang bergerak dibidang pendidikan, SMK Auto Matsuda di Desa Kutaraja Kecamatan Maleber Kab. Kuningan,(Profil). Emsul/KC Online

KUNINGAN, (KC Online).-

SMK Auto Matsuda Kuningan menjalin kerja sama pendidikan dengan Institut Bisnis Multimedia (IBM) ASMI Jakarta melalui studi aplikasi entrepreneurship dan pengabdian masyarakat. Pengukuhan kerja sama ditandai saling tukar cinderamata antara Ketua Pembina Yayasan Regan Matsuda, HT Mamat Robby dengan Dekan IMB ASMI Jakarta, Edi Suryadi, di sekolah setempat, Senin (4/12/2017).

Kepala SMK Auto Matsuda, Saidun, mengungkapkan, awalnya sekolah yang berdiri pada 2004 ini hanya memiliki jurusan otomotif dengan 62 siswa. Kemudian berkat dukungan semua pihak serta kepercayaan masyarakat, setiap tahunnya jumlah siswa meningkat, hingga kini 1.047 siswa dengan didukung guru dan bagian Tata Usaha (TU) mencapai 90 orang. Kemudian memasuki tahun pelajaran 2013-2014, sekolah ini menjalankan kurikulum 2013 (Kurtilas) dari 44 SMK yang ada di Kabupaten Kuningan.

“Alhamdulillah, SMK Auto Matsuda semakin berkembang dan banyak mencetak lulusan untuk disalurkan ke pasar kerja, setelah Ketua Pembina Yayasan Regan Matsuda, Bapak HT Mamat Robby Suganda membesarkan sekolah kami sehingga menjadi dambaan masyarakat Kecamatan Maleber dan sekitarnya,” kata Saidun.

Kerja sama yang digagas diantara kedua lembaga pendidikan ini tidak lepas dari sosok HT Mamat Robby ini sempat menamatkan kuliah di perguruan tinggi tersebut. Sehingga jalinan silaturahmi akan semakin erat dan tetap berlanjut melalui kerja sama tersebut. Oleh karena itu, lulusan SMK Auto Matsuda sangat berpeluang untuk melanjutkan studi ke IBM ASMI Jakarta, seperti yang sudah dilakukan tiga lulusan terbaik SMK Auto Matsuda, yang mendapat bea siswa mahasiswa berprestasi.

“Kami bangga, di Indonesia terdapat 1.156 sekolah rujukan, termasuk di dalamnya SMK Auto Matsuda. Karena itu siswa lulusan SMK Auto Matsuda mayoritas bekerja di sejumlah perusahaan yang ada di kota-kota besar. Mereka dibekali ilmu keterampilan sesuai jurusan yang ada dengan harapan memiliki jiwa entrepreneur. Apalagi kita sekarang memasuki pasar bebas, maka diperlukan tenaga ahli yang siap pakai dan profesional,” tuturnya.

Dikemukakan HT Mamat Robby Suganda, berdirinya SMK Auto Matsuda bertujuan agar lulusan SMP bisa melanjutkan sekolah yang ada di daerah sekitarnya. Bahkan sekolah ini memberikan beasiswa bagi anak yatim piatu atau dari keluarga tidak mampu dan melalui jalur prestasi.

“SMK Auto Matsuda bertekad untuk mencetak lulusan siap kerja dan melanjutkan ke IBM ASMI Jakarta dengan mendapatkan bea siswa. ke depan diharapkan, lebih banyak lagi siswa lulusan sekolah ini yang diterima di IBM ASMI,”katanya. (Eman/KC Online)