Ilustrasi

PADA 1-3 Desember 2017, Kabupaten Kuningan menjadi sorotan dunia karena untuk ketiga kalinya menyelenggarakan kejuaraan balap sepeda Tour de Linggarjati III yang diikuti pembalap-pembalap ternama skala nasional dan internasional.

Warga dari berbagai daerah pun rela menunggu di sekitar rute yang dilalui peserta untuk menyaksikan aksi para pembalap sepeda yang berjuang menghadapi tantangan di setiap etape.

Ditambah lagi mulai persiapan, pelaksanaan hingg selesainya kegiatan selalu diberitakan di berbagai media massa, sehingga segala informasi yang berkaitan dengan even ini dapat tersebarluaskan.

Bahkan Gubernur Jawa Barat, H. Ahmad Heryawan, memuji even yang berdampak positif terhadap perkembangan pariwisata dan olahraga sepeda, sehingga ia mendukung agar ke depannya lebih meriah lagi. “Saya sangat mendukung perlombaan balap sepeda Tour de Linggarjati, karena even ini merupakan kebanggaan kita semua,” ujarnya.

Ketua Panitia Pelaksana, Agus Sadeli didampingi Sekretaris II, Tatiek Ratna Mustika, menyebutkan, para pembalap sepeda dari berbagai provinsi se-Indonesia dan sejumlah negara tetangga, sangat bersemangat menjajal medan-medan terjal sesuai kategori dan nomor pertandingan yang diikuti.

Mulai dari Individual Time Trail (ITT) dengan jarak 9,9 KM, mengambil star dari lapangan sepak bola Desa Pancalang Kecamatan Pancalang sampai finis di halaman Gedung Naskah Linggarjati Kecamatan Cilimus.

Lalu nimor Individual Road Race (IRR), star dan finisnya di halaman Pendopo Kabupaten Kuningan. Terakhir adalah kategori Criterium dengan jarak tempuh 3 km, yang melintasi beberapa jalur jalan perkotaan.

“Alhamdulillah, dengan dukungan dari berbagai pihak, akhirnya Tour de Linggarjati dapat berjalan lancar. Untuk itu kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua yang terlibat langsung dalam menyukseskan even ini,” katanya. (Yan/KC Online)