Ani/KC Online.*

KESAMBI, (KC Online).-

Fakultas Teknik Unswagati Cirebon tengah mempersiapkan pengajuan untuk membuka tiga program studi (prodi) baru yakni teknik mesin, teknik elektro, dan penataan tata ruang wilayah. Ketiga prodi itu dipandang perlu, mengingat tingginya permintaan terhadap lulusannya.

Menurut Dekan Fakultas Teknik Unswagati Cirebon, H Fathur Rohman kepada KC, tiga prodi yang tengah dipersiapkan pengajuannya itu sangat diperlukan, mengingat di lapangan, lulusan yang menguasai bidang tersebut dibutuhkan.

Bahkan, untuk peminat perkuliahan tersebut cukup banyak. Dengan tantangan tersebut, pihaknya mengupayakan secepatnya tiga prodi tersebut terlaksana. Dari sisi pengajar atau dosen, infrastruktur, perijinan tengah dipersiapkan.

“Menjawab tantangan bahwa ke depannya Cirebon akan menuju kota metropolis dan juga smart city. Maka aspek pendidikan pun harus siap berkembang dengan menyiapkan SDM agar ikut serta dalam pembangunan di Kota Cirebon, bahkan Indonesia,” kata Fathur.

Selama ini, diungkapkannya, dengan prodi yang ada telah meluluskan sumber daya manusia yang diterima baik di dunia kerja maupun perguruan tinggi bagi yang melanjutkan. “Lulusan kita sudah tersebar di wilayah Cirebon, bahkan lingkupnya lebih luas secara nasional. Ada pula yang tengah melanjutkan magister teknik di Australia,” ujarnya.

Ditambahkannya, mahasiswa aktif di fakultas teknik juga memiliki kedekatan dengan para alumni hingga membuat Ikatan Alumni (IKAL) Mahasiswa Fakultas Teknik Jurusan Teknik Sipil Unswagati. Nantinya para alumni memberikan banyak informasi seputar lowongan pekerjaan dan lainnya.

”Salah satu calon wisudawan kita pun sudah ada yang kontek-kontekan (telepon) di salah satu universitas di Jepang untuk melanjutkan perkuliahan jalur beasiswa di sana,” jelasnya.(Ani/Job)