Iskandar/KC Online.*

KEJAKSAN, (KC Online).-

Harga cabai merah dan cabai rawit pada awal tahun ini masih tinggi. Bahkan kenaikan harga cabai merah dan cabai rawit hampir mencapai 100 persen. Di Pasar Pagi, Kota Cirebon, harga cabai merah dan cabai rawit berada pada harga Rp 40 ribu per kilogram.

Padahal sebelum pergantian tahun, harga cabai merah dan cabai rawit berada pada Rp 25 ribu per kilogram. Faktor cuaca yang masih belum menentu, menjadi salah satu faktor masih tingginya harga cabai merah dan cabai rawit.

Herman, salah satu pedagang sayuran di Pasar Pagi mengatakan, saat ini harga cabai merah dan cabai rawit masuk dalam harga tinggi. Menurutnya, kenaikan memang sering terjadi pada jenis cabai. Namun kenaikan yang terjadi tidak terlalu signifikan. “Cabai merah masih tinggi. Mulai awal tahun ini naik dari yang sebelumnya Rp 25 ribu per kilogram,” kata Herman, Rabu (10/1/2018).

Menurut Herman, saat ini untuk jenis tanaman Palawija, pada musim sekarang cenderung berkurang dalam hal produksi. Herman juga mengatakan, faktor hujan yang terjadi mengakibatkan bunga yang ada pada cabai berkurang.

“Faktor cabai karena bunga. Karena hujan bunganya rontok, yang satu pohon biasa satu kilogram sekarang hanya tiga ons saja,” katanya.

Kenaikan harga cabai merah dan rawit tidak diikuti oleh jenis sayuran lainnya. Harga bawang merah dan bawang putih, justru mengalami penurunan. Harga bawang merah di Pasar Pagi, saat ini berada pada harga Rp 16 ribu per kilogramnya.

Padahal sebelumnya harga bawang merah mencapai Rp 20 ribu per kilogramnya. Sementara untuk bawang putih mengalami kenaikan dari Rp 30 ribu menjadi Rp 35 ribu per kilogramnya. Sayuran jenis lainnya, menurut Herman masih stabil.

Di Pasar Pagi ini, bawang merah yang dijual herman nampak basah. Herman terpaksa harus menjemurnya terlebih dahulu sebelum dijual. “Dari distributornya seperti ini, jadi harus dijemur dulu sebelum dijual,” ungkapnya.

Sementara itu, harga kebutuhan pokok di Pasar Pagi ini mengalami kenaikan yang beragam. Harga beras medium, berada pada harga Rp 12.500 per kilogramnya dari harga sebelumnya Rp 11 ribu. Untuk telur, mengalami penurunan dari Rp 26 ribu menjadi Rp 25 ribu per kilogramnya. Sementara itu harga kebutuhan pokok lainnya masih dalam harga yang stabil.

Kepala Dinas Perdagangan dab UMKM Kota Cirebon, Yati Rohayati mengatakan harga sayuran dan kebutuhan pokok di Kota Cirebon masih relatif stabil. Menurutnya, harga beras masih dibawah harga eceran tertinggi (HET).

“Masih stabil, beras medium masih diharga Rp 9 ribuan. Kemarin juga kita habis operasi pasar kerja sama dengan Bulog,” katanya.(Iskandar/Job)