kabar-cirebon.com

SUMBER, (KC Online).-

Pemeriksaan kesehatan empat bakal calon Bupati Cirebon selesai dilaksanakan di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung, Jumat (12/1/2018).

Ketua tim pelaksana pemeriksaan kesehatan Mohammad Lutfi, mengatakan, pada pelaksanaan hari kedua, Jumat, pemeriksaan kesehatan berlangsung lebih singkat dibandingkan pemeriksaan pada hari pertama Kamis kemarin.

Menurut Lutfi, pemeriksaan pada Kamis dan Jumat sama-sama dimulai pukul 13.00 WIB, dan bacabup pertama yang selesai diperiksa adalah petahana H Sunjaya Purwadisastra, H Kalinga, H Rakhmat, serta H Imron Rosyadi.

“Ke empatnya selesai diperiksa pukul 16.30 WIB pada Jumat, sisanya belum selesai, mungkin sebentar lagi selesai,” kata Lutfi saat dihubungi.

Lutfi yang juga merupakan Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Cirebon ini mengungkapkan, pemeriksaan pada hari pertama selesai hingga pukul 22.00 WIB, di antaranya pemeriksaan kesehatan rohani, bebas penyalahgunaan narkotika, tes urine, serta pengambilan sampel darah.

“Pada hari kedua Jumat ini (kemarin), para bacabup diperiksa secara jasmani, di antaranya penyakit dalam, bedah, kandungan, ortopedi, USG, urologi, treadmill, juga neurologi. Dimulai pukul 13.00 WIB hingga yang pertama keluar pada pukul 16.30 WIB,” ujarnya.

Menurutnya, pengumuman hasil pemeriksaan kesehatan ini akan dilaksanakan secara serentak pada 16 januari mendatang.

“Kecuali kalau diharuskan ada pemeriksaan lanjutan dari bakal calon, maka bisa saja ada pengunduran jadwal. Setelah seluruh bakal calon diperiksa, tim dokter akan melaksanakan rapat,” katanya.

Lutfi menambahkan, seorang bakal calon bisa saja tidak lolos dalam pemeriksaan kesehatan jika tidak mampu memenuhi persyaratan kesehatan yang ditetapkan.

“Intinya dalam pemeriksaan kesehatan ini kan tidak ada disabilitas dalam diri pada calon kepala daerah. Hasil belum bisa diketahui karena dokter belum ada rapat tim,” katanya.

Sementara itu, bakal calon wakil Bupati Cirebon, Imron Rosyadi saat dihubungi baru saja menyelesaikan rangkaian pemeriksaan kesehatan. Di hari kedua pemeriksaan yang merupakan tes secara jasmani, diakuinya tidak berat. Sebab, selama ini dirinya sering berolahraga.

“Saya pun kan sering olahraga, di antaranya olahraga gulat yang menjadi hobi saya, kemudian saya tiap pagi di rumah sering treadmill, makanya tadi (kemarin) ada tes treadmill ya saya dibawa senang saja dan mampu menyelesaikan tanpa harus ngos-ngosan,” ujarnya.(Fanny)