illustrasi

KUNINGAN, (KC Online). –

Selama 2017 tingkat kunjungan wisatawan ke Kabupaten Kuningan dan Majalengka khususnya ke kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) mampu menembus angka 409.656 orang. Jumlah tersebut mengalami peningkatan dari 2016 sekitar 20.000 orang.

“Kalau di persentasekan, mungkin kenaikannya hampir 15 persen. Peningkatan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Kuningan ini di antaranya dipengaruhi penambahan spot wisata baru, dukungan pemerintah daerah terhadap infrastruktur jalan, dan dukungan media. Setiap tempat wisata membayar pendapatan negara bukan pajak Rp 5.000, untuk asuransi bagi pengunjung wisata biasa Rp 500. Sedangkan untuk pendakian asuransinya Rp 1.500,” ungkap Hubungan Masyarakat Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (BTNGC), Agus Yudantara, Kamis (11/1/2018).

Menurutnya, Kabupaten Kuningan menjadi alternatif wisata bagi masyarakat luar Jawa Barat. Misalnya dari Jakarta yang biasa mengisi waktu liburan ke kawasan Puncak, Bogor, karena sekarang itu harus ditempuh berjam-jam perjalanan. Sehingga banyak masyarakat yang memilih berwisata ke Kabupaten Kuningan.

“Realisasi PNBP tahun 2017 sebesar Rp 2.829.725.000 dari target PNBP yang masuk Rp 1.170.150.000. Artinya PNBP 2017 melebihi target, dari statistik dan tempat wisata yang ada di kawasan TNGC,” katanya.

Agus menyebutkan, saat ini TNGC memiliki kawasan wisata alam sebanyak 54 obyek dan telah menjadi daya tarik kunjungan wisata saat libur panjang baik yang ada di Kabupaten Kuningan maupun Majalengka. Termasuk masyarakat yang berkunjung ke Bumi Perkemahan Palutungan, mereka tidak hanya berwisata, namun terdapat 96 titik potensi air yang dapat dimanfaatkan.

“Seiring meningkatnya kunjungan wisata ke Kuningan, banyak masyarakat sekitar lereng Gunung Ciremai menerima manfaatnya. Kami dalam mengelola wisata kawasan TNGC itu melibatkan peran masyarakat. Karena diyakini kekuatan besar masyarakat dapat dijadikan sebagai garda terdepan dalam mengawal pelaksanaan kegiatan konservasi dan meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar,” tuturnya. (Agus/KC Online)