illustrasi

KUNINGAN, (KC Online).-

Libur bersama Hari Natal 2017, ditambah libur bersama Tahun Baru 2018 yang bersamaan dengan musim libur sekolah, berdampak positif terhadap tingkat hunian (okupansi) hotel di Kabupaten Kuningan. okupansi hotel di Kuningan naik signifikan.

Berdasarkan data yang dihimpun KC Online dari sejumlah pimpinan hotel yang berada di Kabupaten Kuningan, Senin (1/1/2018) menyebutkan, meningkatnya okupansi hotel pada libur kali ini sebagai imbas positif dari adanya akses jalan Tol Cipali, serta kesigapan para aparat yang mengatur lalu lintas menuju arah Kabupaten Kuningan, baik dari arah utara, dan juga dari arah selatan.

Juni Listia, Manager Marketing Grage Sangkan Hotel mengatakan, hunian kamar di hotelnya kalau dirata-ratakan sekitar 85 % peningkatannya, terhitung dari mulai tanggal 24 Desember 2017 sampai 01 Januari 2018.

“Libur Natal, dari total 80 kamar terisi semua full 100%. Kemudian agak berkurang di tanggal 26–28 Desember 2017. Dari mulai tanggal 29 Desember 2017, tamu mulai ramai kembali, puncaknya pada malam tahun baru, selain kamar terisi semua, banyak tamu juga yang datang untuk menyaksikan event hiburan yang di gelar hotel,” ucap Juni.

Juni menambahkan, pihak hotel tidak melakukan penaikan tarif hotel seperti kalau pada Hari Raya Lebaran Idulfitri, namun juga tidak memberlakukan paket diskon untuk kedinasan ataupun corporate/perusahaan. Tapi diberikan bonus fasilitas untuk mengisi liburan untuk para tamunya.

“Para tamu yang menginap di hotel untuk berlibur, kita tambah fasilitas untuk mengisi liburannya, seperti cooking class atau memasak bareng cheef handal yang sengaja didatangkan sebagai bintang tamu. Wisata alam dengan bersepeda ataupun berjalan kaki bersama,” tutur Juni.

Sementara, dikatakan dari para pimpinan hotel lainnya, di antaranya Atri Atmo Priyanti dari Grand Purnama Hotel, Yayan dari Purnama Mulia Hotel, Slamet dari Hotel Montana, dan Ambar Wijanarko dari Hotel Ayong Linggrajati, mereka mengemukakan hampir sama, bahwa okupansi hotel paling tinggi pada Hari Raya Natal dan malam pergantian Tahun Baru 2018.

Pada tanggal 26 Desember 2017 sampai dengan 29 Desember 2017, hunian kamar hotel tidak terisi penuh. Bila dirata-ratakan, ke semua pimpinan hotel tersebut menyebutkan okupansi hotel meningkat sekitar 80 %.

Dan, menurut Kabid Kelembagaan dan Kemitraan Pariwisata, Disporapar Kabupaten Kuningan, H Tono Sumartono, tingkat hunian hotel di Kuningan pada hari libur terdongkrak juga oleh berkembang baiknya destinasi wisata yang ada di Kabupaten Kuningan, terutama potensi wisata alam.

“Jelas berkembang majunya objek-obejek wisata di Kabupaten Kuningan menjadi sebuah nilai plus yang menguntungkan. Baik bagi para pengusaha objek wisata, hotel, restoran, travel agen, dan sebagainya yang berkaitan”, tuturnya.(Erix/KC Online)