LEMAHWUNGKUK, (KC Online).-

PT. Pegadaian (Persero) Area Cirebon memiliki pertumbuhan pencapaian di 2017 hingga 6,22 persen dibanding tahun sebelumnya. Bahkan angka tersebut merupakann pencapaian tertinggi di area Kantor Wilayah Jawa Barat.

“Alhamdulillah Pegadaian Area Cirebon memiliki angka pencapaian tertinggi di area Bandung yang meliputi Area Bandung 1, Area Bandung 2, dan Area Tasik,” ungkap ungkap Asisten Manajer Supporting Bisnis Muda Area Cirebon, Unggul Widi Handoko, Rabu (10/1/2018).

Widi mengaku, berbagai prodak Pegadaian banyak diminati oleh masyarakat seperti KCA, Amanah, Kreasi, Kreasida, dan lainnya. Secara pertumbuhan berbagai produk tersebut rata-rata diunggulkan.

“Semua produk kita memang menjadi unggulan di tahun 2017 kemarin. Tapi untuk di 2018 ini target kita ingin meningkatkan 2 produk yaitu Amanah dan Arrum Haji,” jelasnya.

Untuk pembiayaan Amanah, dari Pegadaian Syariah adalah pembiayaan berprinsip syariah kepada pegawai negeri sipil dan karyawan swasta untuk memiliki motor atau mobil dengan cara angsuran.

Prosedur pengajuan cepat dan mudah. Uang muka terjangkau. Biaya administrasi murah dan angsuran tetap. Jangka waktu pembiayaan mulai dari 12 bulan sampai dengan 60 bulan. Transaksi sesuai prinsip syariah yang adil dan menenteramkan.

Syaratnya yakni harus pegawai tetap suatu instansi pemerintah/swasta minimal telah bekerja selama 2 tahun. Melampirkan data pribadi dan perusahaan termasuk dan rekomendasi dari pimpinan perusahaan dan slip gaji. Bagi yang mengikuti program Amanah ini harus membayar uang muka yang disepakati minimal 20 persen dengan menandatangani akadnya.

“Program Amanah di tahun 2017 mencapai Rp 4,9 Miliar dan ditahun 2018 ini kami targetkan naik sebanyak 224 persen atau Rp 15,9 Miliar,” katanya.

Sementara itu, program pembiayaan Arrum Haji pada Pegadaian adalah layanan yang memberikan kemudahan pendaftaran dan pembiayaan haji. Nasabah melakukan jaminan emas minimal Rp 7 juta plus bukti SA BPIH SPPH dan buku tabungan haji, lalu Pegadaian memberikan uang pinjaman Rp25 juta dalam bentuk tabungan haji.

Keunggulan dari produk ini yaitu memperoleh tabungan haji yang langsung dapat digunakan untuk memperoleh nomor porsi haji. Emas dan Dokumen haji pun aman tersimpan di Pegadaian, biaya pemeliharaan barang jaminan terjangkau, serta jaminan emas dapat dipergunakan untuk pelunasan biaya haji pada saat lunas.

Syaratnya mudah untuk mengikuti program ini, nasabah cukup siapkan foto copy KTP. “Untuk program Arrum Haji ini, tahun 2017 sudah mencapai Rp 7,8 miliar dan target naik hingga lebih dari 100 persen yaitu sekitar Rp 17,15 miliar,” tambahnya.

Pegadaian Area Cirebon sendiri memiliki 15 cabang dari Losasi hingga Cilamaya dengan jumlah outlet 62 unit. Sehingga totalnya memilki 77 outlet di Area Cirebon.(Ani/Job)