Ilustrasi/net

SUMSEL, (KC Online).-

Warga mempergoki aksi nekat perampok toko emas di siang bolong. Dalam peristiwa tersebut, dua pelaku kabur, satu tewas dan satu lainnya kritis akibat dihajar massa.

Para pelaku merampok dua toko emas di Pasar Gelumbang, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, Kamis (11/1/2018). Saat kejadian, situasi pasar sedang ramai.

Toko pertama dirampok pelaku adalah Toko Emas Permata yang membawa kabur perhiasan beberapa kilogram emas. Mereka mengancam pemilik toko dengan senjata api.

Setelah itu, para pelaku mendatangi Toko Emas Gelumbang Jaya yang berada tepat di samping toko pertama. Lagi-lagi mereka mengancam menembak korban jika tidak menyerahkan emas. Mereka pun membawa kabur emas dari toko kedua.

Ironisnya, perampokan tersebut disaksikan sejumlah orang. Namun warga takut terkena tembakan karena pelaku sempat mengenai etalase toko.

Begitu keempat pelaku kabur dengan mengendarai dua sepeda motor, warga barulah mengejarnya. Alhasil dua pelaku di antaranya diamankan warga yang sudah berkerumun, dua lainnya kabur dengan membawa hasil rampokan.

Warga yang geram akhirnya menghajar kedua pelaku. Satu pelaku Sudikdo (40), warga Perum Puri Hijau, Karang Asem, Kecamatan Purwokerto Selatan, Jawa Tengah, tewas di lokasi. Sedangkan satu pelaku lain bernama Refi (35) warga Lintang, Pendopo, Empat Lawang, Sumsel, kritis.

Kapolsek Gelumbang, AKP Indrowono seperti dilansirkan merdeka.com, mengungkapkan, saat beraksi semua pelaku menggunakan penutup wajah dan membawa senjata api rakitan. Aksi mereka terbilang nekat karena dilakukan di tengah keramaian dan pada siang bolong.

“Ya, empat pelaku merampok toko emas di pasar. Satu pelaku tewas, satu luka parah, dan dua kabur ke arah Timbangan Indralaya,” ungkap Indrowono.

Polisi menyita sejumlah barang bukti dari lokasi. Di antaranya, beberapa kilogram emas hasil rampokan, sepeda motor dan senjata api milik para pelaku, dan barang bukti lainnya.

“Untuk total kerugian termasuk emas yang berhasil dibawa kabur pelaku masih dihitung, tapi cukup banyak, ada beberapa kilo,” tuturnya. (GM/KC Online)