Siswa SMP dan SMA Luar Biasa di Yayasan Pendidikan Luar Biasa –B Majalengka dilatih tata boga agar kelak mereka bisa mandiri dan berwirausaha untuk menunjang kebutuhan hidupnya kelak setelah lulus sekolah.Tati/KC Online

MAJALENGKA, (KC Online).-

Siswa SMP dan SMA Luar Biasa di Yayasan Pendidikan Luar Biasa –B Majalengka dilatih tata boga agar kelak mereka bisa mandiri dan berwirausaha untuk menunjang kebutuhan hidupnya kelak setelah lulus sekolah.

Kegiatan tersebut antara lain membuat kue dan pizza berisi sayuran atau disebut pizza vegetarian yang dianggap lebih sehat.

“Keterbatasan fisik tidak membuat para siswa SMPLB dan SMALB YPLB-B tidak mampu berkarya. Mereka menunjukkan eksistensinya dengan melakukan berbagai kegiatan yang biasa dilakukan oleh orang normal pada umumnya,” ungkap Kepala Sekolah YPLB-B Sri Aminah.

Menurutnya, para siswa, selain mengikuti kegiatan belajar mengajar seperti biasa, siswa juga dibekali berbagai keterampilan yang bisa digunakan kelak setelah lulus nanti. Intinya, siswa diajarkan untuk mandiri dan dapat berwirausaha, bahkan membuka lapangan kerja.

“Hari ini, siswa kami yang berkebutuhan khusus yakni tuna rungu dan tuna wicara dilatih ketrampilan membuat aneka kuliner khususnya pizza. Antusiasme mereka sangat tinggi, apalagi setelah mengetahui akan diajarkan membuat makanan khas Italia tersebut,” terang Sri.

Guru pembimbing tata boga, berupaya membimbing setiap tahapan pembuatan pizza, mengolah adonan hingga memasak. “Ini untuk menumbuhkan percaya diri para siswa juga serta suasana kerja kelompok di antara mereka,” kata Sri.

“Pizza yang kta buat berasal dari sayuran atau disebut pizza vegetarian, pizza ini jauh lebih sehat karena mengandung vitamin alami dan tinggi serat yang berguna untuk pencernaan,” kata Sri.

Salah seorang siswa, Siti Aisyah (15 tahun) mengaku senang mengikuti pelatihan ini. Pasalnya, baru kali ini dia membuat makanan dari luar negeri, biasanya yang diajarkan adalah membuat kue dan bolu.

Banyak pelajaran tata boga yang diajarkan di sekolah SLB tersebut di antaranya membuat telur asin, salon, membuat aneka kue, menjahit dan lain-lain. Untuk laki-laki ada pula yang diajarkan bagaimana mencuci kendaraan dan sejumlah kegiatan lainnya.(Tati/KC Online)