SMK Karnas/Eman/KC Online

KUNINGAN, (KC Online).-

Sekolah Menengah Kejuaraan (SMK) Karya Nasional (Karnas) Kuningan ditunjuk pemerintah untuk melaksanakan sekolah empat tahun (setara D1), dengan 3 tahun menempuh pendidikan di sekolah ditambah 1 tahun On Job Training (OJT) di perusahaan.

Program pendidikan ini diselenggarakan untuk menambah kemampuan siswa sesuai kebutuhan perusahaan dan meningkatkan mutu lulusan, sekaligus membantu pemerintah mengikis tingginya angka pengangguran.
Menurut Kaprodi Teknik Alat Berat Politeknik Negeri Jakarta, Budi, dalam kegiatan Workshop Pendampingan SMK-4 tahun bersama Politeknik Negeri Jakarta, di SMK Karnas Kuningan, mengungkapkan, di Kabupaten Kuningan hanya ada dua sekolah yang ditunjuk untuk melaksanakan program ini, salah satunya di SMK Karnas.

Karena sekolah ini dinilai tepat dipilih untuk melaksanakan program tersebut setelah melihat kesiapan serta kemajuannya yang cukup pesat.

“Program ini untuk menjawab tantangan di masyaratkat bahwa SMK bisa, memiliki skill yang bagus dan siap berdaya saing sesuai kebutuhan perusahaan,” katanya.

Kepala SMK Karnas Kuningan H Yepri Esa Trijaka, menyatakan kesiapan sekolahnya untuk melaksanakan program ini pada tahun ajaran 2018/2019. Termasuk untuk jurusan Teknik Kendaraan Ringan dengan jumlah 34 siswa, setelah lulus siswa yang lolos seleksi akan langsung diterima di perusahaan untuk melaksanakan OJT.

“SMK Karnas Kuningan sudah menjalin kerja sama dengan banyak perusahaan, diantaranya PT. Gaya Motor Sunter, PT.Hanken Indonesia, PT.Denko Wahana Industries, PT. Trakindo Utama untuk pelaksanaan OJT selama 1 tahun dan mendapatkan uang saku sesuai UMK,” tuturnya.

Menurutnya, SMK Karnas Kuningan menunjukkan perkembangan yang pesat dan kualitas yang bagus, salah satunya bisa dilihat dengan berdirinya deretan bengkel otomotif di depan komplek sekolah yang dikelola oleh siswa, dengan pengawasan dari instruktur secara professional, dan membuka layanan jasa perbaikan otomotif untuk umum.

“SMK Karnas sebagai mini factory yang mengemban tugas dalam pengembangan teknologi yang kian pesat, sudah menyiapkan serangkaian persiapan untuk menghadapi tantangan kemajuan,”katanya. (Eman/KC Online)