illustrasi

KUNINGAN, (KC Online).-

Pemerintah Desa Cibulan Kecamatan Cidahu terus berupaya memberikan perhatian serius kepada warganya dalam bidang layanan kesehatan, dengan meluncurkan Kartu Sehat.

Program ini diyakini bisa diandalkan dalam mencegah dan menangani kasus kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis (stunting).

Kepala Desa Cibulan, Iwan Gunawan, mengemukakan, Kartu Sehat Desa Cibulan tersebut sangat bermanfaat untuk perawatan, pengobatan kesehatan ibu hamil dan menyusui serta anak balita, terutama bagi ibu dan anak dari kalangan kurang mampu. Mereka akan ditanggung biaya pengobatannya sampai tingkat puskesmas.

“Sesuai dengan Undang-Undang tentang Desa dan Permendesa No 19 Tahun 2017, maka upaya penanganan stunting yang sudah menjadi prioritas nasional, sangat memungkinkan bagi desa untuk menyusun kegiatan-kegiatan yang relevan dan bersifat skala prioritas.
Sejalan dengan itu, Desa Cibulan sudah meluncurkan Kartu Sehat, Kartu Ibu dan Anak, serta Kartu PKK. Insya Allah ini bisa diandalkan dalam pencegahan dan penanganan stunting,” tuturnya.

Sementara itu, Camat Cidahu, Rusmiadi sangat mengapresiasi pelaksanaan program layanan kesehatan dan pendidikan yang diluncurkan Pemdes Cibulan melalui Kartu Sehat, Kartu Ibu dan Anak, serta Kartu PKK.

Untuk itu, sebagai perhatiannya dalam menjaga prestasi Kuningan sebagai Kabupaten Layak Anak dan upaya menjaga kesehatan anak-anak, pihaknya bersama Fasilitator Gerakan Sehat dan Cerdas (GSC), ingin mendampingi Pemdes Cibulan dalam penerapan program layanan tersebut untuk melahirkan generasi emas penerus bangsa.

“Saya berikan penghargaan untuk Pemerintahan Desa Cibulan, khususnya dalam penggunaan dana desa, yang bisa dimanfaatkan dalam pemberdayaan masyarakat dan hal-hal yang menyangkut aspek sosial. Harapan saya, semoga Cibulan bisa menjadi desa mandiri, dan menjadi percontohan bagi desa-desa lainnya,” kata dia.(Erix/KC Online)