KESAMBI, (KC Online).-

UKM Forum Kajian Kitab Kuning (FK3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon mengadakan Gebyar Maulid Nabi (GMN) melalui FK3 Bersholawat, Senin (12/2/2018).

Kegiatan yang terselenggara di halaman Rektorat Kampus IAIN Syekh Nurjati Cirebon berlangsung meriah dan dihadiri penceramah KH. Mustofa Aqil Siroj, Pengasuh Ponpes Khas Kempek.

Momentum Maulid Nabi, diakui Mustofa, merupakan hal penting. Karena Nabi Muhammad berakhlaq mulia dan patut dijadikan suri tauladan bagi umat Islam di manapun.
“Galilah ilmu dari kisah Nabi Muhammad yang banyak memberikan manfaat. Karena semakin menggali, maka semakin ke tengah makin tiada bertepi, makin ke dalam makin tiada berujung,” ujarnya.

Namun, lanjut dia, bahwa dalam praktiknya menggali ilmu agama harus pula didampingi peran ulama yang mumpuni. Perlu adanya pembimbing, perlu kajian lebih luas lagi dan mohon pembimbing yang ramah dan mumpuni.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon, H Sumanta mengaku FK3 Bersholawat merupakan salah satu bentuk kegiatan unggulan di kampus IAIN. Kegiatan ini pula sebagai ajang dakwah islamiah yang menjadi distinasi keilmuan IAIN.

“Dengan ini, para mahasiswa mampu mengkaji nilai-nilai yang ditanamkan Nabi Muhammad kepada manusia sebagai umat. Banyak sekali pelajaran yang bisa dimabil dari beliau, sehingga melalu kegiatan ini mampu menumbuhkan kecintaan kepada Nabi Muhammad,” tambahnya.

Wakil Ketua Umum FK3, Nasudin mengaku, bahwa sebagai rangkaian, FK3 Bersholawat hanya kegiatan pembuka. Selama sepekan ke depan, kegiatan-kegiatan lain bakal terus diselenggarakan FK3 yang rencananya bakal ditutup dengan seminar nasional yang menghadirkan narasumber internasional pada 18 Februari mendatang.

“Selama satu minggu full akan ada banyak acara. Puncaknya nanti ada seminar nasional,” tuturnya.(Ani/Job)